Al-Khalil, Palestina (ANTARA News) - Pasukan militer Israel menyerbu satu sekolah di Kota Al-Khalil (Hebron), Tepi Barat Sungai Jordan, Ahad, selama peringatan ke-14 wafatnya pemimpin Palestina Yasser Arafat.

"Puluhan murid dan guru menderita sesak nafas sementara akibat menghirup gas air mata yang ditembakkan oleh pasukan Israel selama penyerbuan itu," kata Kepala Sekolah Tarek bin Ziyad kepada Kantor Berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad malam.

Masih belum jelas mengapa pasukan Israel menyerbu sekolah tersebut.

"Serangan terhadap sekolah dan murid oleh pasukan Israel dan pemukim Yahudi meningkat," kata Sadeq Al-Khadour, Juru Bicara Kementerian Pendidikan Palestina.

Baca juga: PLO bekukan pengakuan untuk Israel

Baca juga: Pemrotes Palestina tewas dalam bentrokan di Gaza


Ia mengatakan beberapa sekolah Palestina di seluruh Tepi Barat telah diserang oleh pasukan Israel selama beberapa pekan belakangan.

Tak ada komentar dari militer Israel mengenai laporan itu.

Rakyat Palestina menyelenggarakan beberapa kegiatan di Tepi Barat dan Jalur Gaza pada Ahad untuk memperingati wafatnya Arafat.

Pada 11 November 2004, Yasser Arafat wafat di Prancis --dalam kondisi yang penuh kecurigaan-- pada usia 75 tahun. Setakat ini, para dokter belum mampu mengungkapkan penyebab pasti wafatnya presiden Palestina itu.

Rakyat Palestina menuduh Israel meracuni Arafat, tapi Tel Aviv membantah tuduhan tersebut.

Editor: Chaidar Abdullah

Pewarta: Antara
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2018