Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 650 pelajar dari 34 SMA se-Jabodetabek diajak untuk mengenal lebih dekat para pahlawan nasional dengan mengikuti kegiatan Pahlawan Goes To School dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan.

"Kita fokuskan kegiatan-kegiatan Hari Pahlawan yang melibatkan generasi muda untuk memberikan pemahaman kepada mereka tentang perjuangan para pahlawan," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Gedung Konvensi TMPN Kalibata di Jakarta, Rabu.

Kegiatan Pahlawan Goes To School diawali dengan Pemutaran Film Dokumenter 10 November dan Serangan Umum 1 Maret 1949.

Pada akhir pemutaran film, peserta berdialog dengan ahli waris keluarga Pahlawan Nasional Pelaku Pertempuran 10 November seperti Hermantho Yusuf yang merupakan keluarga Pahlawan Nasional Prof Dr Moestopo dan Serangan Umum 1 Maret yaitu Ganang Sudirman keluarga Jenderal Sudirman.

Baca juga: Sambut Hari Pahlawan, Netflix tayangkan "Guru Bangsa Tjokroaminoto" secara internasional

Ratusan pelajar tersebut secara serius mengikuti rangkaian kegiatan Pahlawan Goes To School yang diisi dengan dialog kepahlawanan bersama para tokoh yang sukses dibidangnya seperti sejarawan muda JJ Rizal, artis muda Elina Joerg, animator film Hollywood Andre Surya dan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher.

Sebelumnya para pelajar juga semangat menjawab kuis yang diberikan para narasumber tentang nama-nama pahlawan nasional.

Mensos mengatakan, kegiatan Pahlawan Goes To School juga dilaksanakan di tiga kota besar lainnya secara serentak yaitu di Kota Bandung, Kota Kupang, dan Kota Bengkulu.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin mengatakan, rangkaian peringatan Hari Pahlawan diisi berbagai kegiatan lain seperti wisata sejarah, kapal pahlawan, ziarah nasional dan tabur bunga di laut.

Baca juga: Ribuan peserta ramaikan Parade Surabaya Juang 2018


 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018