Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan pentingnya peran guru bagi dunia. Ia mengatakan bahwa semua membutuhkan guru dan pendidikan karena keberhasilan pendidikan akan memengaruhi wajah dunia di masa mendatang.

Pernyataan itu dilontarkan Zulkifli Hasan setelah acara peletakan batu pertama pembangunan menara guru MU Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Uhamka. Acara yang dihadiri Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedah Nasir, tersebut berlangsung di FKIP Uhamka Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (30/11).

"Sudah ada penelitian, yang menggambarkan sembilan negara penguasa dunia masa mendatang. Antara Lain Singapura, Makao, Korea Selatan, Hong Kong dan Vietnam, sedangkan Indonesia tidak masuk dalam urutan kesembilan negara itu," ujar Ketua MPR itu.

Menurutnya kesembilan negara itu diperkirakan dapat menguasai dunia dikarenakan memiliki sistem pendidikan yang baik dan generasi mudanya menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi, juga pelajaran matematika secara baik. Sedangkan Indonesia saat ini hanya menempati urutan ke-62.

"Sumber Daya manusia kita masih jauh dibandingkan negara-negara lain, apalagi yang menempati sembilan negara teratas. Karena itu kita harus mengejar, berlari agar tidak semakin jauh ketinggalan," kata Zulkifli Hasan.

Ketua MPR RI itu juga menambahkan bahwa dirinya mendukung segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah maupun Muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas guru dan dunia pendidikan pada umumnya, agar bangsa Indonesia bisa menghasilkan generasi muda yang semakin berkualitas di masa mendatang.(KR-HSI)

Baca juga: Ketua MPR dorong Pemuda Muhammadiyah jadi model pemuda unggul

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018