Jakarta (ANTARA News) -  Media sosial telah menjadi ruang ekspresi dan berbagi informasi semua kalangan, terutama generasi muda dan agar memikat, konten perlu dikemas dalam bentuk multimedia.

Untuk menyebarkan semangat kreatif dalam membuat dan menyebarkan konten positif multimedia, Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Multi Media Training Center (MMTC) Yogyakarta bersama SINDO Weekly menggagas GemPosting, (Generasi Multimedia Positive Thinking).  GemPosting diharapkan mampu melahirkan generasi muda positif, kreatif, sekaligus inspiratif di media sosial.

"Bagaimana memproduksi konten positif multimedia lalu melanjutkan dengan pola sharing atau viral, " ujar Ketua STMM, Noor Iza  dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Dengan pola sharing, mereka tanpa sadar menyebarkan konten negatif di media sosial. Melalui program GemPosting, kata dia, sebesar 10 persen pemuda diharapkan mampu mendobrak dominasi perilaku negatif di media sosial.  "Dari 10 persen konten yang positif ini akan kita viralkan, " ujarnya. 

 Konten positif tersebut tidak hanya berupa tulisan, lanjutnya, tetapi juga foto, grafis dan video. Tema yang diambil seluruhnya antitesis dari hoax, ujaran kebencian, pemutarbalikkan fakta hingga unsur suku agama ras dan antargolongan (SARA) yang berpotensi memecah belah kesatuan bangsa. 

Untuk memulainya, GemPosting digelar di SMKN 1 Kedawung, Cirebon, Sabtu, 8 Desember 2018. Dalam kesempatan itu, Noor Iza mengajak agar para siswa bisa berkontribusi meningkatkan ekonomi digital Indonesia, lewat konten multimedia.

 "Kami di STMM yang merupakan perguruan tinggi zaman now membuka peluang bagi anak muda kreatif untuk mengembangkan diri," katanya.

Dalam GemPosting di Cirebon itu, STMM menghadirkan dua alumni yang berprestasi yakni Atyah Kirana Sariayu yang kini berkarya di RCTI, dan Reza Rival dari Net TV.

Dalam kesempatan itu, Atyah memaparkan pengalamannya di dunia kerja dengan bekal ilmu dari STMM. "Apa yang saya dapat di kampus, menjadi modal besar di dunia kerja," katanya.

Sementara, Reza Rival mengatakan dengan multimedia bisa membuat apa saja menjadi memikat. "Data atau informasi yang membosankan bisa menjadi mengesankan," katanya.

Kepala SMKN 1 Kedawung, Ikhwanudin menyambut baik program GemPosting yang pertama kalinya digelar di sekolah yang dipimpinnya. "Suatu kehormatan STMM mau menggelar program di sekolah kami. Dan ini menjadi energi besar bagi kami untuk maju dan sejajar dengan sekolah di kota di era digital," katanya.

Dia berharap alumni SMKN 1 Kedawung banyak yang akan belajar menguasai multimedia di STMM. "Karena STMM adalah kampus Jaman Now," katanya.

GemPosting akan terus digelar di berbagai kota lain untuk mengajak generasi muda mengemas konten positif di media sosial dengan multimedia.
Baca juga: Snapchat ikut ambil bagian perangi ujaran kebencian online

Baca juga: Kemdikbud sebut pembelajaran di SMK dilengkapi simulasi digital

Baca juga: Generasi muda harus menonjolkan kreatifitas positif dan cinta Indonesia

Pewarta: Subagyo
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018