Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengajak generasi muda atau milenial untuk membudayakan minum jamu.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu, Menko Puan tak henti-hentinya mengenalkan jamu dan herbal nusantara kepada kaum muda Indonesia, termasuk saat mencanangkan Gerakan UMKM Jamu Berdaya Saing dan Herbal Indonesia Expo 2018 yang berlangsung di Smesco Tower, Jakarta.

Dalam Pencanangan Gerakan UMKM Jamu Berdaya Saing dan Herbal Indonesia Expo 2018, Menko Puan mengatakan, pemahaman manfaat dari jamu dan herbal agar dapat disosialisasikan secara masif terutama kepada anak-anak, generasi muda atau generasi milenial saat ini.

"Melalui sosialisasi pada generasi muda akan meningkatkan konsumsi jamu dan herbal, yang juga harus memiliki persyaratan aman dan bermanfaat bagi kesehatan," ujarnya. 

Puan kemudian mengisahkan bagaimana dirinya sejak muda hingga kini rajin mengonsumsi jamu. Menurutnya hal tersebut merupakan ajaran ibunya yang kini ia teruskan juga mengajak anaknya untuk mengkonsumsi jamu.

Menko PMK sangat mengapresiasi kinerja BPOM yang telah mengenalkan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) kepada para UMKM jamu yang ada di Indonesia. Dengan begitu, produk jamu produksi UMKM akan lebih higienis dan menarik. Ujungnya, tentu akan lebih banyak orang percaya pada produk jamu UMKM. 

"Meski begitu, riset dan inovasi perlu terus dikembangkan, agar dapat meningkatkan daya saing," katanya. 

Dalam Pencanangan Gerakan UMKM Jamu Berdaya Saing dan Herbal Indonesia Expo 2018, Menko Puan juga sempat menyerahkan sertifikat CPOTB dan Nomor Ijin Edar kepada para UMKM. 

Puan yang didampingi Menteri Koperasi dan UMKM Puspayoga, Kepala BPOM Penny Lukito, Ketua GP Jamu Irwan Hidayat juga mengajak para undangan meminum jamu bersama seraya mencanangkan gerakan Penggalangan Gerakan Budaya Minum Jamu untuk membangkitkan kembali budaya minum jamu dan menjadikan jamu sebagai minuman keluarga.

Sebelum meninggalkan lokasi acara, Menko Puan juga menyempatkan diri meninjau Herbal Indonesia Expo 2018 yang berlangsung di lantai dasar Gedung Smesco Jakarta.

Selain pengusaha UMKM Jamu, turut hadir dalam Pencanangan Gerakan UMKM Jamu Berdaya Saing dan Herbal Indonesia Expo 2018, perwakilan Kemenperin, KKP, Kemendag, Kementerian Desa PDTT, Kementan, BEKRAF, perwakilan UMKM Obat Tradisional (OT) Binaan BPOM, dan UMKM OT Unggulan Daerah.*


Baca juga: Menko Puan minta produk jamu, kosmetik ilegal diberantas

Baca juga: Puan Maharani: keluarga saya selalu minum jamu


 
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018