Hal ini dilakukan untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada para pengguna kereta api melalui aplikasi KAI Access. Dengan layanan itu maka calon penumpang tanpa harus antri di loket melakukan pembatalan perjalanan
Jakarta (ANTARA News) - PT KAI (Persero) sejak Oktober 2018 sudah merilis fitur di KAI Access yang bisa digunakan  mengubah jadwal dan pembatalan perjalanan untuk memudahkan calon penumpang melakukan perubahan rencana sesuai yang diinginkan.

"Hal ini dilakukan untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada para pengguna kereta api melalui aplikasi KAI Access. Dengan layanan itu maka calon penumpang tanpa harus antre di loket melakukan pembatalan perjalanan," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Edy Kuswoyo kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan hal itu menanggapi adanya pemberitaan konsumen mengeluhkan layanan pembatalan tiket KAI.Dalam  pemberitaan tersebut disampaikan  jika PT KAI selama ini sudah memudahkan konsumennya untuk memesan tiket secara daring sehingga bebas calo dan sangat membantu konsumen yang tak punya waktu untuk ke stasiun beli tiket, namun tidak memudahkan pelanggan ketika hendak membatalkan perjalanan karena harus dilakukan secara manual atau offline di sejumlah stasiun yang ditunjuk.

Edy mengatakan, selain sudah merilis fitur ubah jadwal dan pembatalan perjalanan.  PT KAI akan segera menyusul fitur pemesanan tiket KA lokal yang pembayarannya dilakukan menggunakan e-wallet. Untuk tahap pertama, fitur pemesanan tiket KA lokal hanya berlaku untuk KA lokal Bandung Raya.

Selanjutnya, secara bertahap sistem akan dibangun sehingga tiket sejumlah kereta api lokal lain di berbagai daerah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access sehingga penumpang tidak perlu lagi untuk antre di loket stasiun.

Adapun cara menggunakan aplikasi KAI Access untuk pembatalan tiket, sebagai berikut:

1. Tambah Trip
Tekan tombol + pada halaman My Trip

2.Cari E-Ticket
Cari kode pemesanan atau kode bayar yang sudah dipesan melalui chanel pemesanan lain (tiket yang dibeli melalui chanel eksternal dapat juga melalui fitur pembatalan, ubah jadwal dan e-boarding KAI Access, dengan syarat akun KAI Access yang telah terintegrasi harus sama dengan no. Identitas dalam tiket)

3. My Trips
Pada menu My Trips  kemudian pilih kode booking yang akan dibatalkan

4. Pembatalan
Pada menu E-Ticket pilih Pembatalan (Tombol pembatalan hanya muncul jika kode booking berstatus lunas/paid dan maksimal 24 jam sebelum keberangkatan KA.

"Pada dasarnya, PT KAI selalu ingin memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, karena pelanggan adalah prioritas kami. Itu sebabnya, PT KAI memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggan melalui inovasi-inovasi yang ada," kata Edy Kuswoyo.

Baca juga: Konsumen keluhkan layanan pembatalan tiket KAI
Baca juga: KAI berupaya wujudkan "zero accident" angkutan Natal-Tahun Baru
Baca juga: Menhub nilai KAI siap hadapi liburan Nataru

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018