Jakarta (ANTARA News) - Kepala Bidang Pengawasan dan Penataan Hukum Dinas Lingkungan DKI Jakarta Mudarisin menyampaikan bahwa pihaknya telah memasang papan peringatan di empat titik gundukan tanah yang diduga limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

Empat titik tersebut berada di Jalan Marunda Pulo depan SDN Marunda 02 Pagi, Jalan Akses Rusun Marunda, Rusun Marunda Cluster A, serta Rusun Marunda Cluster B.

Mudarisin mengatakan pemasangan papan peringatan itu untuk mencegah warga menggunakan material yang sedang diselidiki tersebut.

“Pada hari ini baru kita amankan agar barang ini tidak lari kemana-mana,” ujar Mudarisin.
 
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memasang garis pengaman dan papan peringatan di tumpukan pasir yang diduga limbah B3 di lingkungan rumah susun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. (ANTARA News/Fianda Sjofjan Rassat)



Papan peringatan itu berisikan larangan melakukan aktivitas/pemindahan limbah dengan ancaman pidana sesuai pasal 103 UU 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan PP 101 tahun 2014.

"Ancaman hukuman maksimal tiga tahun penjara dan denda maksimal tiga miliar," kata Mudarisin.

Mudarisin menambahkan bahwa tumpukan limbah tersebut diduga berjenis Spent Bleaching Earth (SBE) yang merupakan limbah dari proses pengolahan minyak goreng.

“Kalo secara visual sih memang susah membedakannya ya antara pasir tanah SBE. Tetapi kalau dilihat dari bau, kan bau minyak goreng ya. Kemudian pernah juga terjadi kebakaran. Jadi, artinya itu potensi itu adalah SBE,” tambahnya.

Baca juga: Dinas LH pasang papan peringatan di pasir limbah Marunda
Baca juga: Dinas LH: Limpahan baru limbah B3 Marunda dikirim Minggu malam





 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019