Jakarta (ANTARA News) - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyampaikan lima fokus utama program kerja nasional guna mewujudkan visi-misi Indonesia Menang, yang akan dijalankannya apabila memenangkan Pemilu Presiden 2019.

Pertama menurut dia, mewujudkan ekonomi yang mengutamakan rakyat, adil, memakmurkan orang Indonesia dan melestarikan lingkungan Indonesia.

"Kita akan tingkatkan daya beli masyarakat. Jika rakyat memiliki uang yang cukup maka seluruh roda ekonomi akan berputar," kata Prabowo dalam Pidato Kebangsaannya bertajuk "Indonesia Menang" di Jakarta, Senin.

Fokus kedua menurut dia, meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial, yaitu akan perangi kemiskinan, tingkatkan pelayanan kesehatan, dan tingkatkan kualitas pendidikan.

Dia mencontohkan pekerja di bidang kesehatan dan pendidikan harus diperhatikan kualitas hidupnya misalnya gaji para guru honorer.

"Kami akan perjuangkan agar seluruh rakyat Indonesia memiliki jaminan kesehatan dan jaminan sosial lainnya," ujarnya.

Fokus ketiga menurut dia, memastikan keadilan hukum dan menjalankan demokrasi yang berkualitas sehingga akan menjamin kemerdekaan berserikat, mengeluarkan pendapat, dan kebebasan pers.

Fokus keempat menurut dia, menjadikan Indonesia rumah yang aman, nyaman bagi seluruh rakyat Indonesia, karena keamanan nasional dan kedaulatan NKRI adalah prasyarat untuk pembangunan, kemajuan dan kemakmuran.

Fokus kelima menurut dia, penguatan karakter dan kepribadian bangsa, karena pihaknya percaya yang paling fundamental yang harus dimiliki bangsa Indonesia adalah mental yang kuat.

Dia menilai agar bangsa dapat merdeka, berdaulat, makmur dan menang maka bangsa tersebut harus melalui proses pembangunan nasional yang dicapai dari proses pembangunan karakter dan chacater building.

Hadir pidato kebangsaan tersebut antara lain calon wakil presiden Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Asegaf Aljufrie, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, politisi Partai Berkarya Titiek Soeharto.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: IDA akan tagih tes baca Alquran kedua capres-cawapres

Baca juga: Pidato kebangsaan Prabowo akan sampaikan visi-misi

Baca juga: Prabowo imbau personel TNI-Kepolisian Indonesia setia pada negara

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019