Pamekasan  (ANTARA News) - Madura United FC meminjamkan dua  pemain ke Persija Jakarta, yakni Jaimerson Da Silva dan Alberto Goncalves Da Costa.

Menurut Manajer Madura United FC, Haruna Soemitro, peminjaman kedua  pemain itu untuk dimainkan di pertandingan babak kualifikasi play-off Liga Champions Asia (LCA) 2019.

"Madura United bersedia meminjamkan kedua orang pemain kita ini, demi nama Indonesia di kancah Asia," kata Haruna di Pamekasan, Rabu.

Sebelumnya pihak Persija melalui PT Persija Jaya Jakarta mengirim surat kepada pihak Madura United FC tertanggal 24 Januari 2019.

Dalam surat bernomor: 80/PERSIJA/Liga-1/I-2019 yang ditanda tangani oleh Chief Operation Officer (COO) Persija Jakarta Rafil Perdana, meminta agar manajemen klub sepak bola berjuluk "Laskar Sape Kerrap" itu bersedia meminjankan dua pemainnya kepada Persija untuk dimainkan pada babak kualifikasi Liga Champions Asia melawan Home United yang akan digelar 5 Februari 2019.

Langkah ini dilakukan, karena Persija terkendala menurunkan pemain asing baru, mengingat transfer matching system (TMS) Indonesia baru dibuka pada 15 Februari 2019.

"Dan, peminjaman itu hanya berlaku untuk pertandingan Persija melawan klub Singapura Home United. Kami ingin membantu wakil Indonesia bermain di level Asia, karena tujuan kami adalah demi Indonesia, bukan membantu Persija. Kami harus mendukung tim asal Indonesia, siapapun itu," kata Haruna, menjelaskan.

Haruna lebih lanjut menjelaskan, peminjaman kedua pemain Madura United FC itu, tidak untuk pramusim seperti Piala Presiden atau Piala Indonesia.

Dalam perjanjian dengan pihak Persija ini, sambung Haruna, disepakati jika waktunya pertandingan bersamaan maka kepentingan Madura United tetap didahulukan.

"Kenapa demikian?, karena kedua pemain ini adalah pemain Madura United. Jadi kepentingan Madura United yang didahulukan," katanya.

Akan tetapi, sambung mantan Ketua Askap PSSI Jatim ini, pihaknya sudah melakukan pengecekan, bahwa tidak akan ada waktu pelaksanaan pertandingan yang bersamaan, antara Piala Presiden, Piala Indonesia dan babak kualifikasi Liga Champions Asia.

"Jadi, sekali ini, peminjakan dua pemain Madura United kepada Persija ini, bukan dalam rangka membantu Persija, akan tetapi demi nama Indonesia di kancah Asia," kata Haruna, menegaskan.

Baca juga: Tony Sucipto siap menjadi bek tengah Persija
Baca juga: Pemain tersubur Liga 2 mundur dari seleksi Persija
Baca juga: Ivan Kolev: taklukkan Kepri lalu tatap Liga Champions

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019