Jakarta (ANTARA News) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan memberikan pelatihan pada 36 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Wijaya Kusuma Jati Padang, Pasar Minggu, terkait profesi dan penanggulangan kebakaran.

Kepala Peleton Group C Sektor IX Kecamatan Pasar Minggu Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan Ruwanto, mengatakan sosialisasi dan pengenalan profesi tersebut merupakan permintaan langsung dari pihak PAUD untuk diperkenalkan kepada siswa didiknya untuk diberi materi tentang bahayanya bermain api, cara menanggulangi kebakaran, dan praktik langsung kebakaran akibat kebocoran gas di selang LPG.

"Awalnya mereka takut, tapi kami yakinkan mereka untuk tetap tenang dan berani, hal ini dilakukan agar mereka terus ingat bagaimana cara memadamkan api dengan apar dan alat tradisional seperti karung atau handuk basah," katanya dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Ruwanto berharap, dengan pengenalan dan sosialisasi ini, seluruh siswa yang masih berusia dini dapat memahami tentang tentang profesi petugas pemadang kebakaran serta dapat mencegah terjadi kebakaran dengan tidak bermain api.

"Sosialisasi harus diberikan sejak dini, agar semua usia tahu bagaimana cara memadamkan api, dan harapan kami ini dapat di tularkan ke keluarga maupun tetangganya," tuturnya menambahkan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019