Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca untuk tiga hari ke depan di mana sejumlah daerah berpotensi diguyur hujan lebat.

Informasi dari Kabag Humas BMKG Taufan Maulana yang diterima di Jakarta, Selasa, terpantau untuk Selasa (12/2), beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan lebat, yaitu Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.

Pada hari yang sama beberapa wilayah juga berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin besar dan kilat/petir, yakni Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Untuk Rabu (13/2) beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan lebat, di antaranya Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua dan Papua barat.

Waspada pada hari yang sama beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan lenat, disertai angin kencang, dan kilat/petir yaitu Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Sulawesi Tengah.

Pada Kamis (14/2), beberapa wilayah berpotensi terguyur hujan lebat, yakni Riau, Jambi, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Papua.

Berhati-hati untuk hari yang sama beberapa wilayah diguyur hujan disertai angin kencang dan kilat/petir, di antaranya Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Papua Barat.

BMKG memindai massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur.

Juga di NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat dan Papua. 

Daerah dengan indeks labilitas atmosfer sedang/kuat yaitu di Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Konvergensi terdapat di Laut Jawa, NTB. Belokan angin terdapat di Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua.
***3***

Baca juga: Cuaca buruk, warga Ternate-Malut diminta waspada

Baca juga: BMKG deteksi 11 titik panas di pesisir Riau



 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2019