Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mayjen TNI (Purn) H. Ferrial Sofyan resmi dicopot dari jabatannya dan tidak hadir saat acara serah terima jabatan dengan Santoso di Gedung DPRD, Jakarta Pusat, Rabu.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Dalam Rapat Paripurna ini kami sampaikan usulan pemberhentian saudara Ferial Sofyan sebagai wakil ketua DPRD DKI Jakarta dan mengumumkan penetapan saudara Santoso sebagai calon pengganti pimpinan DPRD sebagai wakil ketua DPRD di sisa masa jabatan tahun 2014-2019," kata Prasetio Edi saat memimpin sidang paripurna.

Sementara itu, Santoso mengatakan meskipun jabatan Wakil Ketua adalah sisa waktu, dia akan maksimal turun ke lapangan.

"Kita akan fokus sebagai fungsi pengawasan. Setelah pembahasan anggaran, DPRD DKI ini fungsinya adalah memaksimalkan pengawasan berdasarkan konstitusi," kata Santoso.

Ditambahkannya saat ini, waktu pemilu merupakan saat yang tepat dan tidak menganggu kinerja DPRD. Meskipun harus menang di daerah pemilihan (dapil), tapi kewajiban harus tetap jalan.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik tak mau berkomentar banyak soal pergantian Ferrial ini.

Taufik menyebut dicopotnya Ferrial merupakan urusan internal Partai Demokrat.

"Saya kira ini kan kewenangan partainya mengganti pimpinan utusan dari partainya. Jadi, kita tidak perlu komentar apa-apa," kata Taufik.

Ferrial dicopot langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui kuasa partai Demokrat Nomor 06/SK/DPP.PD/I/2019.

Ferrial didepak pada Selasa (5/2).

Baca juga: Pencopotan Ferrial sebagai Wakil Ketua DPRD merupakan penyegaran
Baca juga: DPRD DKI Jakarta akan gelar rapat pimpinan

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019