Jayapura  (ANTARA News) -  Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan Jembatan Merah Holtekamp  yang panjangnya mencapai 1.328 meter itu pada Maret 2019, kata Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Rencana peresmian ini bersamaan dengan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Provinsi Papua pada Maret," katanya di Jayapura, Kamis.

Menurut Lukas, kontraktor Jembatan Merah yakni PT PP akan segera menyelesaikan pembangunan infrastruktur tersebut, termasuk dengan pengaspalannya.

 "Tugas dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua ini sudah memasuki tahap akhir untuk membangun Jembatan Merah Holtekamp melalui dana APBD," ujarnya.

Sedangkan pengaspalan jalan dari ujung Pantai Hamadi menuju Jembatan Merah Holtekamp ini, anggaran yang digunakan masih berasal dari APBN, dan diharapkan dapat lebih cepat terselesaikan.

Jembatan Holtekamp memiliki panjang 1.328 meter, terdiri dari panjang jembatan utama 433 meter, dan jembatan pendekat sepanjang 895 meter, di mana untuk aksesnya dibangun 400 meter jalan ke jembatan pendekat arah Hamadi dan 7.410 meter arah Holtekamp.

 Jembatan yang menghubungkan antara Kota Jayapura dan Muara Tami ini terdiri dari dua bentang utama dengan pelengkung baja, masing-masing panjang bentangan 150 meter, tinggi 20 meter, dan berat 2.000 ton.

 Baca juga: Presiden akan cek jembatan Holtekamp dan kondisi Asmat
Baca juga: Jembatan Hamadi-Holtekamp dirancang tahan 100 tahun

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019