Angin kencang terjadi di sejumlah kecamatan, akibat kejadian tersebut sementara tercatat belasan rumah rusak berat dan ringan serta puluhan pohon tumbang,
Sleman (ANTARA News) - Belasan rumah dan bangunan rusak serta puluhan pohon tumbang akibat diterjang angin kencang dan hujan butiran es di sejumlah kecamatan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat siang.

"Angin kencang terjadi di sejumlah kecamatan, akibat kejadian tersebut sementara tercatat belasan rumah rusak berat dan ringan serta puluhan pohon tumbang," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan, Jumat malam.

Menurut dia, dampak paling parah akibat bencana angin puting beliung tersebut dialami Kecamatan Turi yang menerjang tiga desa di wilayah tersebut.

"Di Kecamatan Turi, puting beliung melanda di tiga desa yakni Donokerto ada 16 titik dengan kerusakan diantaranya 18 pohon tumbang, tujuh unit rumah rusak ringan, rusak sedang dua unit, rusak berat satu unit dan dua masjid rusak ringan," katanya.

Di Desa Bangunkerto tiga lokasi terdampak dengan kerugian tiga pohon tumbang dan tiga unit rumah rusak sedang.

"Sedangkan di Desa Wonokerto titik dampak di enam lokasi dengan kerugian enam pohon tumbang, lima unit rumah rusak sedang dan satu kandang ternak," katanya.

Selain itu, puting beliung juga terjadi di Kecamatan Tempel meliputi Desa Merdikorejo, Kecamatan Ngaglik di Desa Donoharjo, Kecamatan Prambanan di Desa Sumberharjo, Kecamatan Pakem di Desa Candibinangun, Kecamatan Kalasan di Desa Purwomartani dan Desa Tirtomartani serta di Kecamatan Sleman di Desa Trimulyo.

"Dampak paling banyak di Desa Donokerto Turi," katanya.

Makwan mengatakan, data sementara dampak kerusakan meliputi 15 rumah rusak ringan, dua rumah rusak sedang, satu rumah rusak berat, satu kandang, dua masjid rusak ringan.

"Selain itu lima titik jaringan listrik putus, dua titik jaringan telepon putus, satu barak pengungsian Merapi di Desa Donokerto rusak sedang karena dinding selatan ambrol," katanya.

Ia mengatakan, hingga Jumat malam pohon tumbang yang menutup akses jalan sudah ditangani oleh BPBD Sleman, BPBD DIY, Warga, Polisi, TNI, Relawan, PMI.

"Sedangkan satu korban luka ringan sudah tertangani Puskesmas Turi," katanya.

Baca juga: Angin kencang dan hujan es terjang Sleman
Baca juga: Hujan es turun di beberapa bagian Sleman

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019