Selama 13 hari pelaksanaan program layanan Angkutan Motor Gratis (Motis) ini, kuota yang ditetapkan sebanyak 18.096 sepeda motor
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan menyiapkan tiga lintas jalur kereta api di Pulau Jawa untuk mengangkut sepeda motor gratis pada Lebaran 2019 yang akan dimulai pada 27 Mei (H-9) hingga 7 Juni (H+1).

"Sama seperti tahun lalu, pada tahun ini kita menyiapkan tiga lintas kereta api, yaitu lintas utara, lintas selatan I, dan lintas selatan II," yang berakhir di Surabaya dan Kutuarjo," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Zulmafendi kepada pers di Jakarta, Kamis.

Tiga lintas tersebut adalah Lintas Utara mencakup Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun. Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, dan Stasiun Surabaya Pasarturi

Kedua adalah Lintas Selatan I terdiri Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cimahi, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, dan Stasiun Kutoarjo.

Ketiga adalah Lintas Selatan II terdiri Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, STasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Surabaya Pasarturi.

Dikatakan, untuk masing-masing lintas layanan tersebut, kapasitas layanan angkut motis sebesar 464 motor. Sehingga total keseluruhan tiga lintas layanan tersebut mempunyai kapasitas angkut motis sebesar 1.392 motor per hari.

"Selama 13 hari pelaksanaan program layanan Angkutan Motor Gratis (Motis) ini, kuota yang ditetapkan sebanyak 18.096 sepeda motor," katanya.

Berdasarkan Data Ditjen Perkeretaapian, pada penyelenggaraan motis pertama tahun 2014 okupansi keterisian kuota sebesar 52 persen, kemudian tahun 2015 menjadi 55 persen, tahun 2016 sebesar 73 persen, lalu pada tahun 2017 menjadi 84 persen dan pada tahun 2018 sebanyak 17.147 sepeda motor yang diangkut melalui program motis, artinya realisasi okupansi keterisian kuota telah mencapai 90 persen.

Pemerintah berharap dengan telah dibukanya program layanan motis ini, masyarakat yang berencana mudik dengan sepeda motor, mau memanfaatkan layananan angkutan motor gratis ini, dengan beralih menggunakan motis untuk sepeda motornya, sedangkan pemudik mau beralih naik kereta api ataupun moda angkutan umum lainnya.

Masyarakat yang berminat ingin memanfaatkan angkutan motor gratis ini bisa melakukan mulai 12 Maret-25 Mei 2019 dan dapat mendaftar secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan dapat juga mendaftar langsung di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019