Joko Widodo akan keluarkan tiga kartu sakti

id joko widodo

Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo, memaparkan manfaat tiga kartu di hadapan puluhan ribu warga Tapanuli Raya di lapangan mini Siborongborong, Tapanuli Utara, Jumat (15/3/2019). (Antara Sumut/Rinto Aritonang)

Taput (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo, memaparkan tiga kartu sakti yang akan segera direalisasikan pemanfaatannya, di hadapan puluhan ribu warga Tapanuli Raya di Lapangan Mini Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat (15/3).

"Setelah ada KIP untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, sekarang kita keluarkan lagi yang namanya KIP kuliah agar anak yang lulus SMA atau SMK bisa melanjutkan kuliah di universitas,"  kata Jokowi.

Menurutnya, Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah menjadi penting agar generasi muda dapat melanjutkan pendidikan hingga ke universitas, baik di dalam maupun luar negeri.

"Yang kedua, kita akan mengeluarkan Kartu Pra Kerja, seperti ini," ujar Jokowi sembari menunjukkan sebuah kartu kepada massa pendukungnya.

Disebutkan, Kartu Pra Kerja diperuntukkan bagi anak yang telah lulus SMA atau SMK, maupun yang sudah lulus perguruan tetapi belum bekerja.  Merka dapat menggunakan kartu tersebut untuk mendapatkan pelatihan, baik itu di kementerian, di Balai Latihan Kerja, di BUMN, atau swasta, yang biayanya ditanggung oleh pemerintah.

"Yang sudah mendapatkan Kartu Pra Kerja, sudah diilatih, tetapi masih belum kerja, akan mendapatkan honor atau insentif oleh pemerintah dalam kurun waktu, mungkin 6 bulan, sampai mendapatkan kerja. Mau nggak," ucap Jokowi.

Terakhir, Jokowi menunjukkan sebuah kartu yang disebutnya Kartu Sembako Murah. Pemegang kartu ini akan mendapatkan diskon belanja bahan pokok.

"Nanti yang pegang kartu ini akan mendapatkan diskon beli gula, beras, minyak, dan yang lainnya," kata Jokowi. 

Pewarta : Juraidi dan Rinto
Editor: Eddy K Sinoel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar