Peningkatan kemampuan perawat dilakukan dengan cara memberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan pelatihan dan pendidikan, serta mengikuti seminar kesehatan
Sekayu, Musi Banyuasin (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan terus berupaya meningkatkan kualitas ribuan tenaga perawat yang bertugas di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau di puskesmas dan rumah sakit umum daerah (RSUD).

"Peningkatan kualitas tenaga perawat dilakukan untuk memaksimalkan kemampuannya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan menghadapi persaingan global," kata Sekda Musi Banyuasin, Apriyadi di Sekayu, Kamis.

Untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing tenaga kesehatan itu, pihaknya terus berupaya mendorong para perawat meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Peningkatan kemampuan perawat, katanya, dilakukan dengan cara memberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan pelatihan dan pendidikan, serta mengikuti seminar kesehatan.

Masyarakat Bumi Serasan Sekate ini, kata dia, memerlukan tenaga perawat yang andal dan berkualitas serta mampu memberikan pelayanan terbaik di semua fasilitas pelayanan kesehatan..

"Melalui upaya tersebut diharapkan tenaga perawat di kabupaten ini semakin profesional dan mampu menghadapi persaingan global yang semakin ketat," katanya.

Sementara itu, sebelumnya Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia. (PPNI) Musi Banyuasin, Candra menambahkan pihaknya bertekad untuk selalu melaksanakan pembinaan dan meningkatkan kapasitas anggota meningklatkan ilmu .

Berdasarkan data sekarang ini tercatat 1.400 perawat di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin yang menjadi perhatian untuk ditingkatkan kemampuannya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Baca juga: PPNI soroti kualitas pendidikan perawat

Baca juga: PPNI sampaikan kebutuhan satu perawat satu desa

Baca juga: Persatuan perawat upayakan raih kualifikasi internasional

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019