Jakarta (ANTARA) - Aktris Dian Sastrowardoyo ikut merayakan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, melalui akun media sosial Instagram.

"Selamat hari Kartini untuk semua perempuan Indonesia. Selamat merayakan keberagaman, keunikan kita sebagai perempuan, kebebasan berpikir, bertindak dan mewujudkan mimpi-mimpi kita," tulis dia di akun @therealdisastr, Minggu.

 

Dian pernah memerankan sosok pahlawan perempuan Indonesia itu dalam film "Kartini" yang disutradarai Hanung Bramantyo. Dalam film biopik tersebut, Dian beradu akting dengan Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, Reza Rahadian, Adinia Wirasti hingga Dwi Sasono.

Untuk mempersiapkan peran itu, Dian melahap beberapa literatur mengenai kehidupan Raden Ajeng Kartini yang dia sebut waktu itu "seperti sedang membuat skripsi".

Buku-buku yang dibacanya meliputi "Panggil Aku Kartini Saja" karya Pramoedya Ananta Toer, "Gelap-Terang Hidup Kartini" dari TEMPO, sampai kumpulan surat Kartini yang diterjemahkan Armijn Pane menjadi buku "Habis Gelap Terbitlah Terang".

Demi "Kartini" dia juga mempelajari bahasa Belanda agar dialog-dialog berbahasa asing bisa mengalir lancar dari bibirnya.

Baca juga: Tiga film yang mengangkat tema Kartini
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019