Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar kegiatan safari  Ramadhan 2019 sebagai bagian silaturahim dengan masyarakat dan melakukan sosialisasi program dari pemerintah kota khususnya selama Ramadhan.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Kediri Apip Permana, Jumat mengemukakan kegiatan ini dilakukan oleh pemerintah kota dengan bergiliran mendatangi masjid di Kota Kediri. Salah satunya yang digelar di Masjid Nurul Huda, Kelurahan Tamanan, Kota Kediri yang dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu.

"Pak Sekda mengatakan bahwa April lalu masyarakat telah melaksanakan pesta demokrasi untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Untuk itu, Pak Sekda mengungkapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan masyarakat sehingga pemilu dapat berjalan dengan lancar dan aman," kata Apip.

Dalam kegiatan itu, juga disebutkan bahwa Pemilu yang berlangsung lancar ini juga kerjasama dari berbagai pihak. Pemkot memberikan apresiasi karena tingkat partisipasi yang cukup tinggi selama Pemilu 2019.

"Tentunya ini berkat kerja sama dari semua pihak. Yang tidak kalah pentingnya adalah partisipasi semua pihak sebagai bagian masyarakat Kota Kediri. Partisipasi masyarakat tahun ini sangat luar biasa yaitu sekitar 86 persen. Kami berharap dalam momentum Ramadhan ini tidak ada perbedaan lagi dan bersama membangun Kota Kediri dalam harmoni," ujar Apip.

Dalam safari tersebut juga membahas terkait kenaikan harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan 2019. Pemkot menegaskan telah berkomitmen penuh untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok dengan mengadakan operasi pasar di seluruh Kelurahan di Kota Kediri.

Kegiatan operasi pasar itu digelar mulai 7 - 28 Mei 2019. Setiap hari ada tiga titik yang dilakukan operasi pasar yakni di kelurahan serta sejumlah titik yang dirasa ramai, misalnya di taman sekartaji, maupun taman makam pahlawan (TMP). Beberapa komoditas yang dijual antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, dan telur ayam dengan harga di bawah harga pasar.

Selain itu, dalam safari, warga juga diingatkan terkait zakat fitrah. Penyaluran zakat fitrah diharapkan bisa dilakukan dengan baik sehingga dapat tepat sasaran mengingat zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang mampu.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019