Dinkes Madina sosialisasi antisipasi penularan cacar monyet

id cacar monyet

Kepala Dinas Kesehatan Madina, dr. Syarifuddin (Antara Sumut/Holik)

Panyabungan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, memberikan sosialisasi untuk mengantisipasi terkait penularan cacar monyet (monkeypox) kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal, dr. Syarifuddin di Panyabungan, Senin mengatakan sosialisasi yang dilakukan tersebut merupakan respons atas adanya informasi seputar virus cacar monyet yang saat ini sedang hangat dibicarakan di tengah masyarakat.

Atas dasar itu pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait virus cacar monyet tersebut.

"Virus ini pasti menyangkut kebersihan dan daya tahan tubuh, kalau daya tahan tubuh lemah pasti mudah terjangkit. Makanya dalam sosialisasi itu kita anjurkan masyarakat untuk lebih meningkatkan kebersihan," katanya.

Selain itu, dirinya juga telah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas yang ada di daerah itu tanpa terkecuali untuk sedini mungkin mendeteksi penyakit itu.

"Walaupun kasus penyakit cacar monyet ini belum ada ditemukan di Madina, kita sudah menyiapkan petugas surveilans di Puskesmas agar bisa memberikan pertolongan sedini mungkin jika ada virus tersebut ditemukan," katanya.

Baca juga: KSAD tegaskan tidak benar anggota TNI-AD terkena cacar monyet

Baca juga: Informasi warga Batam dan anggota TNI terjangkit cacar monyet, ini penjelasannya

Pewarta : Juraidi dan Holik
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar