10 pesan Kapolda Sulbar saat Mudik lebaran

id Polda Sulbar,mudik lebaran,kapolda sulbar,tips mudik

Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs Baharudin Djafar, MSi (Antaranews/M Faisal Hanapi)

Mamuju (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Pol Baharuddin Djafar memberikan pesan keamanan kepada masyarakat saat yang akan melakukan Mudik Lebaran 1440 hijriah.

"Bulan Ramadhan adalah bulan berkah dan juga merupakan momen yang sering digunakan untuk bersilaturahmi dengan keluarga jauh," kata Kapolda di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, 10 hari terakhir Ramadhan masyarakat sudah mulai sibuk mempersiapkan bekal untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman atau mudik Lebaran.

"Untuk itu, sebelum meninggalkan rumah saat Mudik Lebaran ada beberapa poin yang harus di perhatikan agar perjalanan jauh kita tidak menjadi beban pikiran karena memikirkan keamanan rumah yang ditinggal," katanya.

Ia menyampaikan, 10 poin yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan yaitu, pertama sebelum meninggalkan rumah jangan lupa mencabut selang gas serta kompor, mematikan PAM dan semua aliran listrik yang tidak digunakan serta hal-hal lainnya yang sekiranya dapat menimbulkan bahaya.

Kemudian pastikan pintu dan jendela rumah anda terkunci dan jika perlu, pasang alarm atau kamera tersembunyi (CCTV) di area-area tertentu untuk mencegah pencuri masuk ke rumah.

"Meski rumah bisa diterobos pencuri bantuan rekaman CCTV yang terpasang, akan sangat membantu Kepolisian untuk cepat mengungkap tindak kejahatan yang menimpa anda," katanya.

Ia menyampaikan, agar tidak menarik perhatian pencuri, gunakanlah lampu LED yang menyala otomatis saat malam hari dengan memakai sensor cahaya, Anda tidak perlu repot menyalakan atau mematikan lampu, karena lampu akan menyala sendiri menjelang magrib.

"Jangan meletakan barang-barang berharga seperti uang dan perhiasan di lemari rumah Anda, sebaiknya uang dan perhiasan disimpan di bank atau rumah pegadaian agar lebih aman," katanya.

Laporlah kepada ketua RT / RW setempat tentang kepergian anda, Berikan pula nomor hendpone (HP) yang bisa dihubungi, Apabila terjadi hal-hal darurat sehingga Anda akan mudah dihubungi.

Titiplah rumah Anda kepada tetangga terdekat yang tidak mudik, karena hanya anda dan tetangga yang sangat mengetahui keamanan lingkungan sekitar.

Kemudian, informasikan kepada petugas keamanan di lingkungan sekitar mengenai rencana mudik Anda. Mintalah bantuannya agar berkeliling mengontrol rumah anda.

"Mintalah bantuan seseorang untuk memeriksa rumah anda beberapa hari sekali, Sekaligus minta bantuannya untuk membersihkan rumah, Sebab pencuri tahu betul rumah yang tidak terawat biasanya tidak berpenghuni," katanya.

Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, titiplah ke tempat penitipan hewan agar hewan kesayangan Anda tidak terlantar atau anda bisa juga menitipkannya kepada orang terdekat.

Dan ika anda berlangganan koran atau majalah, beritahukan kepada agen koran dan majalah untuk tidak mengirimkannya selama anda pergi, Ini untuk menghindari penumpukan koran dan majalah saat rumah ditinggal mudik.

Baca juga: PLN Jabar berikan kiat aman tinggalkan rumah selama mudik
Baca juga: Pelni buat rekayasa rute angkut lonjakan penumpang
Baca juga: Satker Perhubungan pantau mudik di Johor Bahru

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar