Palembang (ANTARA) - Sebanyak 42.786 unit kendaraan masuk melewati Jalan Tol Palembang - Indralaya sejak H-7 hingga H-5 lebaran, diprediksi puncak kepadatan terjadi pada Sabtu malam ini.

Kepala Cabang Tol Palindra PT Hutama Karya (HK) Darwan Edison, Sabtu mengatakan arus kendaraan meningkat 20 persen selama arus mudik dibanding hari biasanya, umumnya kepadatan terjadi pada malam hari dari arah Lampung.

"Semua gardu tol kami buka agar mengurai kepadatan kendaraan, kebanyakan kendaraan masuk dari Lampung menuju arah Palembang," ujar Edison kepada Antara.

Berdasarkan data monitoring pergerakan, jumlah kendaraan yang masuk sejak H-7 hingga H-5 berturut-turut sebanyak 13.972 unit, 14.729 unit, dan 14.085 unit, angka tersebut meningkat hampir 20 persen dibanding musim mudik 2018.

Diprediksi puncak kepadatan pemudik terjadi pada Sabtu malam ini dan Minggu pagi (2/6) dengan perkiraan 16.000 lebih unit kendaraan masuk, sedangkan puncak pergerakan kendaraan terjadi pada hari kedua lebaran.

"Kebanyakan warga dari Palembang pada hari kedua lebaran mengunjungi keluarga mereka di daerah-daerah dengan melewati Tol Palindra seperti tahun lalu, kami perkirakan akan ada 17.000 kendaraan yang masuk," lanjutnya.

Mengantisipasi tingginya lalu lintas di Tol Palindra, pihaknya telah menyiapkan sarana unit mobil ambulance, satu unit kendaraan rescue, dua mobil derek, empat mobil patroli dan dua mobil PJR yang telah bekerja sama dengan pihak kepolisian, sejauh ini belum terjadi kecelakaan di tol tersebut.

Selain itu, satu rest area juga hadir menempel dengan kantor HK di pintu keluar Indralaya, terdapat beberapa fasilitas penunjang, seperti mushola, charging, kios Pertamina, gerai jajanan ringan, photobooth, kantin, toilet dan tempat istirahat.

Jalan tol Palindra sepanjang 22 kilometer terbagi atas seksi Pemulutan - SS KTM, Seksi SS Pemulutan-Indralaya, dan Palembang - Pemulutan.

Dengan mengendarai kendaraan roda empat, masuk dari gerbang pintu tol Palembang sampai ke pintu tol Indralaya dapat ditempuh selama 15 menit perjalanan dengan kecepatan rata-rata 80 kilometer perjam, berbeda jika melewati Jalan Lintas Sumatera Palembang - Indralaya, bisa menghabiskan waktu satu jam.

Baca juga: Tol Palindra dioperasikan untuk mudik Lebaran
Baca juga: Tol Palembang-Muara Enim-Lubuklinggau bisa jadi pilihan utama

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019