Polisi tingkatkan pengamanan objek wisata di Sumedang

id Kapolres Sumedang,Objek WIsata,Lebaran,Mudik Lebaran 2019,Idul Fitri 1440H,Info Mudik,ramadhan,tradisi lebaran,arus mudik,arus balik

Petugas melakukan pengamanan di Obyek Wisata Tanjung Duriat, Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (6/6/2019). (Dokumen Polres Sumedang)

Garut (ANTARA) - Kepolisian Resor Sumedang meningkatkan pengamanan di kawasan objek wisata yang terjadi lonjakan pengunjung untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang mengisi libur Hari Raya Lebaran di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Pengamanan dan patroli kita tingkatkan di objek wisata di Sumedang selama musim libur Lebaran," kata Kepala Kepolisian Resor Sumedang AKBP Hartoyo kepada wartawan di Sumedang, Jumat.

Ia menuturkan, seluruh jajaran polsek masing-masing kecamatan yang memiliki potensi objek wisata disiagakan untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat yang sedang berwisata.

Objek wisata yang mendapatkan pengamanan di antaranya wisata Buricak Burinong di Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, selanjutnya Objek Wisata Kolam Renang Sirah Cipelang dan Curug Ciputrawangi di Kecamatan Conggeang.

"Jumlah pengunjung di Obyek Wisata Kolam Sirah Cipelang sekitar lima ratus orang dan pengunjung di Obyek Wisata Curug Ciputrawangi sekitar seribuan orang," kata Hartoyo.

Sejumlah personel polisi lainnya juga bersiaga melakukan pengamanan di Objek Wisata Tanjung Duriat di Kecamatan Cisitu, kemudian pengamanan di Objek Wisata Jatibungur dan Kapunduhan, Desa Darmajaya dan Desa Sukaratu, Kecamatan Darmaraja.

Selama operasi pengamanan di objek wisata itu, kata Hartoyo, situasi keamanan terkendali, tidak ada kejadian yang menonjol seperti aksi pencurian maupun insiden yang membahayakan pengunjung.

"Kami berupaya menciptakan rasa nyaman buat masyarakat, sampai saat ini dalam keadaan aman," katanya.

Kapolres menyampaikan, seluruh jajaran anggota terus memberikan imbauan kepada para petugas parkir di lokasi wisata untuk selalu waspada terhadap aksi pencurian kendaraan bermotor, dan mengimbau pengunjung untuk selalu berhati-hati terutama di kawasan wisata air.

Pengunjung yang memanfaatkan fasilitas perahu di kawasan wisata air agar memakai jaket pelampung untuk melindungi diri apabila terjadi kecelakaan saat di air.

"Petugas selalu memberikan arahan kepada para pengunjung yang naik perahu untuk selalu menggunakan jaket pelampung demi menjaga keselamatan para penumpang," katanya.

Ia menambahkan, selain pengamanan khusus di tempat wisata, jajaran Polres Sumedang juga meningkatkan patroli untuk mengantisipasi segala tindakan kejahatan seperti pencurian saat musim libur Lebaran.

"Piket Sabhara dan Babinkamtibmas melaksanakan Patroli Dialogis antisipasi rawan (Curas, Curat dan Curanmor) dan gangguan Kantibmas lainnya," katanya.*

Baca juga: Polres Tanah Laut tingkatkan pengamanan objek wisata saat Lebaran

Baca juga: Puluhan ribu wisatawan padati objek wisata di Gunung Kidul

Pewarta : Feri Purnama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar