Dikbud-PKK Kabupaten Gorontalo akan fasilitasi pendidikan Suku Polahi

id Dikbud-PKK Kabupaten Gorontalo Akan Fasilitasi Pendidikan Suku Polahi

Dua anak suku terasing Polahi belajar mengenal huruf dan warna di perbukitan Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. (ANTARA/Adiwinata Solihin)

Gorontalo (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) bersama PKK Kabupaten Gorontalo akan memfasilitasi pendidikan warga Suku Polahi yang tinggal di pedalaman hutan Boliyohuto dan sekitarnya.

Ketua PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Naway di Gorontalo, Rabu, mengatakan hal itu menjadi komitmen baginya dalam pemberian pendidikan bagi seluruh masyarakat di daerah itu.

"Mereka kita fasilitasi untuk sekolah dan saya sudah bertemu dengan pihak Dikbud dan diinformasikan warga Polahi ingin sekolah dan membuka diri bisa bergabung dengan masyarakat pada umumnya," ujarnya.

Baca juga: Ketika anak-anak Suku Polahi ingin sekolah

Wanita berlatar pendidikan dan salah satu dosen di perguruan ternama di Gorontalo itu bertekad untuk menyelesaikan dan tuntas belajar bagi para suku Polahi.

"Insya Allah, saya bertekad menuntaskan baca dan tulis bagi mereka dengan menggandeng Dikbud dan tenaga pengajar lain," kata dia, lagi.

Ia mengaku akan melibatkan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKMB) dengan mendatangkan pengajar ke tempat terdekat serta partisipasi dari masyarakat.

"Kita juga akan melakukan kerja sama dengan sekolah terdekat agar mereka dapat menerima pendidikan formal," kata dia.

Baca juga: Anak Suku Polahi di pedalaman Gorontalo ingin bisa sekolah

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar