Penghijauan rutin digelar Korem Gapo di Sumsel

id Penghijauan,sumsel,Korem Dempo,TNI

Penghijauan yang dilakukan jajaran TNI Korem 044/Garuda Dempo di Provinsi Sumatera Selatan. (FOTO ANTARA/HO-Dok.Penrem)

Palembang (ANTARA) - Jajaran TNI Korem 044/Garuda Dempo di Provinsi Sumatera Selatan, melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon agar lingkungan tetap lestari.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 044/Garuda Dempo Mayor (Inf) Binsar J Simanjuntak di Palembang, Senin mengatakan, jajarannya rutin melaksanakan penghijauan untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari.

"Penghijauan itu penting karena pohon sebagai sumber kehidupan dan mencegah agar tidak terjadi erosi," katanya.

Oleh karena itu jajarannya terus melakukan penghijauan dengan menanam pohon bermanfaat yang dilaksanakan di kabupaten dan kota di Sumsel, terutama tempat strategis.

Penghijauan di antaranya dilaksanakan Kodim 0418/Palembang dan Koramil Tugumulyo, Muara Beliti Kabupaten Musirawas.

Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol (Inf) Honi Havana saat penghijauan mengatakan, penanaman pohon itu sebagai upaya reboisasi lingkungan yang terlihat gersang.

“Penanaman pohon tidak lain untuk mendukung program pemerintah dalam gerakan penghijauan. Ini merupakan solusi jangka panjang untuk melindungi tanah, khususnya jalan yang baru dibangun guna menghentikan erosi”, kata Dandim.

Dia mengatakan, penghijauan yang dilakukan itu juga untuk membantu memperbaiki lingkungan sekaligus paru-paru dunia akan tersedianya oksigen bagi mahluk hidup.

Sementara Danramil 406-06/Tugumulyo Kapten (Czi) Alkoprawi, menjelaskan penanaman pohon sebagai bentuk dan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar.

Pihaknya sudah melakukan penanaman bibit pohon jenis mabang dan Mahoni.

Penanaman pohon itu, katanya, tidak lain sebagai bentuk kepedulian pihaknya melalui program kerja menuju kesadaran dan pemberdayaan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan sekitar.

Selain itu dengan penanaman pohon ini, nantinya bisa mengurangi erosi yang diakibatkan tergerusnya tanah yang pada akhirnya bila tidak cepat diatasi dapat menimbulkan bencana banjir, demikian Alkoprawi.

Baca juga: Sejumlah Dubes Tanam Pohon Penghijauan di Palembang

Baca juga: TNI-mahasiswa kolaborasi tanam 1.500 pohon penghijauan

Baca juga: Korem 074/warastratama lakukan penghijauan di Wonogiri

Baca juga: TNI reboisasi hutan kota


Pewarta : Ujang Idrus
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar