Badung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, yang diwakili oleh Kampung Keluarga Berencana (KB) Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, berhasil meraih penghargaan Pakarti Madya III tingkat Nasional kategori Pelaksana Terbaik Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Kategori Kabupaten tingkat Nasional 2019.

"Prestasi yang diraih oleh Desa Dalung ini tidak terlepas dari dukungan serta sinergitas antara TP PKK Desa Dalung, Pemkab Badung, serta masyarakat kami," ujar Sekretaris Tim Penggerak PKK Badung, Nesia Yoga Segara, saat dikonfirmasi dari Mangupura, Kamis.

Dalam kesempatan itu, penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua TP-PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang diterima oleh Wakil Sekretaris Tim Penggerak PKK Badung, Mustikawati Witna pada Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI yang dipusatkan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Nesia Yoga Segara mengatakan, penilaian yang dilakukan antara lain adalah masalah pola hidup bersih dan sehat rumah tangga dengan 10 indikator serta lingkungan bersih dan sehat dengan lima pilar diantaranya Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Posyandu, Keluarga Berencana (KB) dan perencanaan bidang kesehatan lingkungan.

Ia menjelaskan, Desa Dalung dapat mewakili Provinsi Bali ke ajang nasional setelah sebelumnya lolos penilaian Lomba PKK KKBPK Kesehatan mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat nasional.

Dalam penilaian itu, Desa Dalung berhasil masuk nominasi 12 besar setelah menyisihkan sejumlah desa dari 511 kabupaten dari seluruh wilayah Indonesia.

"Yang menjadi unggulan kegiatan di Kampung KB Desa Dalung sehingga dapat meraih penghargaan ini adalah kreatifitas warganya untuk mengolah limbah rumah tangga menjadi kerajinan kreatif yang bernilai jual tinggi,” ujar Nesia Yoga Segara.*


Baca juga: Dikbud-PKK Kabupaten Gorontalo akan fasilitasi pendidikan Suku Polahi

Baca juga: Kurangi plastik, Gerakan PKK serukan tak gunakan air kemasan

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019