Grab percaya teknologi memiliki kekuatan untuk menjadikan hidup setiap orang menjadi lebih baik
Medan (ANTARA) - Institut Teknologi Del (IT Del) - Grab bekerjasama untuk meningkatkan penggunaan teknologi informasi (TI) sumber daya manusia di kampus itu.

"Grab mendukung pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di IT Del," ujar President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata di Medan, Jumat.

Dia mengatakan itu usai penandatanganan nota kesepahaman bersama yang dilakukan dengan Rektor IT Del Prof Ir Togar M Simatupang, M Tech, Ph.D.

Penandatanganan kerja sama tersebut disaksikan Ketua Pembina Yayasan Del, Luhut Binsar Panjaitan dan Executive Director Grab Indonesia Ongki Kurniawan.

Menurut Ridzki Kramadibrata, Grab akan menyediakan program khusus perekrutan talenta staf baru yang akan menjadi mitra strategis bagi program pengembangan mahasiswa IT Del, khususnya yang bergerak di bidang teknologi.

Selain itu, Grab juga akan mendukung kompetisi inovasi digital milik IT Del yang juga diharapkan dapat mempromosikan Balige dan Danau Toba sebagai tuan rumah acara dengan skala nasional.

Dia menjelaskan, khusus perekrutan staf baru, kerja sama Grab dan IT Del juga mencakup program rencana penyelenggaraan kompetisi inovasi digital terkait penyelesaian masalah-masalah pariwisata.

"Grab percaya teknologi memiliki kekuatan untuk menjadikan hidup setiap orang menjadi lebih baik," katanya.

Kerja sama dengan Institut Teknologi Del sendiri, katanya, sejalan dengan komitmen Grab untuk Indonesia yang terangkum dalam master plan Grab 4 Indonesia 2020.

Grab, katanya mendukung penuh penciptaan lapangan pekerjaan, peningkatan kapasitas talenta lokal di bidang teknologi informasi, technopreneurship dan inovasi teknologi.

"Dengan kerja sama, Grab berharap dapat berkontribusi dalam membentuk wirausahawan muda dari Sumut dan sekaligus membantu promosi sektor pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran di Balige serta Danau Toba," katanya.

Rektor IT Del Prof Ir Togar M Simatupang, menyebutkan, IT Del memiliki misi untuk menjadi pusat keunggulan yang berperan dalam pemanfaatan teknologi bagi kemajuan bangsa.

"IT Del ingin menyelenggarakan dan mengembangkan proses pendidikan yang unggul, berkesinambungan, dan bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, ujar Togar, kerja sama dengan Grab diharapkan dapat menjadi awal baik untuk penyaluran talenta-talenta teknologi unggul dari Sumut ntuk dapat berkarya pada kancah nasional dan internasional.

Del, katanya berharap, kolaborasi antara Grab dan IT Del dapat menumbuhkan usaha rintisan baru di IT Del serta menjadi wadah atas perwujudan ide-ide kreatif dan inovatif anak bangsa.

Grab telah melayani lebih dari 5 juta wirausahawan mikro di Indonesia dan memberikan akses teknologi di 224 kota di Indonesia.

Bahkan Grab juga memiliki program Grab Ventures Velocity yang menawarkan akses ke basis pelanggan Grab yang luas, bimbingan dan akses ke aset teknologi Grab bagi para startup untuk menguji layanan mereka melalui ekosistem Grab.

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau Institut Teknologi Del di Tobasa
Baca juga: Luhut : Grab dukung sektor pariwisata Indonesia


 

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019