Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi telah tiba di Bangkok, Thailand, dan langsung mengadakan rapat koordinasi dengan delegasi Indonesia untuk membahas rangkaian pertemuan tingkat menteri ASEAN ke-52 serta berbagai pertemuan dengan mitra wicara ASEAN.

Baca juga: Menlu RI sebut pentingnya milenial dalam pembangunan komunitas ASEAN

Pada Selasa (30/7), Menlu Retno akan mengadakan pertemuan dengan perwakilan Komisi HAM Antarpemerintah ASEAN (AIHCR) dan pertemuan dengan Komisi Kawasan Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ).

Pada hari Rabu-Jumat (31 Juli–2 Agustus), Menlu Retno akan menghadiri pertemuan pleno dan retreat para Menlu ASEAN (AMM), pertemuan East Asia Summit Foreign Ministers’ Meeting (EAS), ASEAN Regional Forum (ARF), serta sepuluh pertemuan dengan seluruh negara mitra wicara ASEAN.

Selain menghadiri pertemuan dalam rangkaian AMM tersebut, Menlu Retno juga akan melakukan sejumlah pertemuan antara lain dengan menlu Australia, Inggris, Tiongkok, dan Vietnam---demikian keterangan tertulis Kemlu RI, Selasa.

Menlu Retno juga berencana bertemu dengan Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Myanmar.  Menlu Retno dijadwalkan menghadiri pertemuan para menteri Southwest Pacific Dialogue (SwPD) ke-17.

Rangkaian pertemuan akan berlangsung dari 30 Juli hingga 2 Agustus 2019 dan akan melibatkan menteri luar negeri dari 10 negara anggota ASEAN serta 10 menteri luar negeri mitra wicara ASEAN yaitu Amerika Serikat, Australia, India, Kanada, Jepang, Republik Korea, Rusia, Selandia Baru, Tiongkok, dan Uni
Eropa.

Baca juga: Indonesia akan perkenalkan Indo-Pasifik ke mitra ASEAN

Baca juga: Menakar posisi tawar Indonesia dalam forum ASEAN dan G20

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2019