Jembatan apung di Festival Cisadane jadi favorit swafoto

id jembatan apung

Jembatan apung di Festival Cisadane dan menjadi spot swafoto favorit pengunjung.

Tangerang (ANTARA) - Jembatan apung di Festival Cisadane 2019 menjadi lokasi favorit yang didatangi pengunjung untuk berswafoto karena di atasnya dengan latar belakang sungai dan jembatan Berendeng.

Salah satu pengunjung yakni Nadia di Tangerang, Selasa mengatakan jembatan apung menjadi salah satu daya tariknya datang ke Festival Cisadane 2019.

Dirinya dapat berswafoto di atas sungai dengan latar belakang jembatan Berendeng. Sebab selama ini hanya bisa foto dari bantaran saja.

"Nggak ketinggalan ke sini setelah mengunjungi semua stand, jembatan ini cuma ada saat festival Cisadane, bagus buat foto-foto," ujarnya.
Baca juga: Festival Cisadane tampilkan hasil pembangunan pada masyarakat

Jembatan apung yang disiapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mengutamakan keselamatan bagi pengunjung.

Tampak petugas bersiaga di setiap sudut jembatan. Bahkan ada juga satu unit perahu beserta petugas di lokasi.

Sekretaris DPUPR, Decky P Koesrindartono, mengatakan, jembatan apung dipastikan keamanannya, sisi kanan kiri dilengkapi dengan tiang pembatas. Sebelumnya juga telah diujicoba beban jembatan apung.

"Sudah diujicoba keamanannya, petugas di lapangan pun menjaga dan mengatur beban , jadi yang sudah selesai bisa bergantian dengan pengunjung lainnya," jelasnya.

Kemudian juga telah diujicoba beban sebanyak 305 petugas lapangan ikut serta dalam uji beban tersebut. Lanjutnya, uji beban juga bertujuan mengetahui perilaku jembatan apung saat dibebani dengan kondisi maksimal.

Menurutnya berdasarkan spesifikasi teknis jembatan mampu memikul beban aman seberat 300 kg/M2 atau rata rata beban 75 kg setiap M2. "Semua sudah dicek ulang untuk keamanan," katanya.

Perlu diketahui, Festival Cisadane 2019 akan diselenggarakan tanggal 27 Juli hingga 3 Agustus di sepanjang bantaran sungai cisadane.

Event yang masuk dalam 100 Calender Of event 2019 yang dirilis oleh Kementrian Pariwisata akan dimeriahkan oleh band nasional seperti Nidji dan Kotak.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, persiapan saat ini terus dimatangkan. Lomba tingkat Internasional pun akan digelar dalam Festival Cisadane. Animo masyarakat yang begitu tinggi perlu diatur sebab lokasinya di sepanjang bantaran sungai cisadane.

"Persiapan terus kita matangkan. Kita harapkan festival ini dapat dirasakan langsung masyarakat dan menjadi bagian pariwisata Kota Tangerang," ujarnya.
Baca juga: PUPR siapkan jembatan apung meriahkan festival Cisadane
Baca juga: Lomba "cosplay" ramaikan pembukaan Festival Cisadane

Pewarta : Achmad Irfan
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar