Meulaboh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Kesehatan bersama TNI dan Polri membagikan ribuan masker kepada siswa dan pengguna jalan yang melintas di kawasan Persimpangan Cot Darat, Kecamatan Samatiga, akibat kabut asap.

"Jumlah masker yang sudah dibagikan ini mencapai sekitar 3.000-an lembar," kata Camat Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Said Azmi kepada ANTARA, Kamis di Meulaboh.

Pembagian masker yang dilakukan ini bertujuan untuk mencegah dampak kabut asap bagi masyarakat karena ketebalan kabut asap pada pagi dan malam hari sangat tebal, sehingga menyebabkan warga tidak bisa beraktivitas dan mengganggu pernapasan.

Selain dibagikan kepada pengguna jalan, sasaran pembagian masker tersebut juga difokuskan pada sejumlah siswa dan pelajar yang ada di daerah itu.

Menurutnya, dampak dari sebaran kabut asap juga mengakibatkan sejumlah siswa dan pelajar di daerah tersebut pingsan dan sesak napas akibat terhirup kabut asap akibat musibah kebakaran hutan dan lahan yang terjadi sejak sepekan terakhir. "Dengan adanya pembagian masker ini, kita berharap warga dapat terhindar dari bahaya kabut asap," kata Said Azmi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah kepada ANTARA mengatakan pihaknya juga membagikan masker kepada warga di Kecamatan Samatiga termasuk daerah yang terdampak kabut asap pada malam hari. "Kita datangi langsung rumah lalu membagikan masker, agar warga tidak mengalami sesak napas," katanya.*

Baca juga: Tujuh siswa di Aceh Barat sesak napas dan pingsan akibat kabut asap

Baca juga: 2.500 masker dibagikan untuk cegah dampak kabut asap Aceh Barat

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019