Karawang (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil mengatakan PT Pertamina EP mendatangkan tenaga ahli dari Amerika Serikat untuk mengatasi perairan utara Karawang yang terkontaminasi minyak mentah akibat kegiatan eksplorasi Pertamina Hulu Energi Offhsore North West Java (PHE ONWJ) di lepas Pantai Cilamaya.

"Siapa yang mengerjakan untuk mengatasi masalah ini. Kita harus apresiasi Pertamina karena Pertamina mengerjakan orang Amerika, jadi mereka menyewa Engineer dari Amerika untuk mengatasi masalah di sini. Dan itu bayarannya mahal," kata Gubernur Emil, di Kabupaten Karawang, Rabu.

Baca juga: Ridwan Kamil kunjungi pantai terkontaminasi minyak di Karawang

Ditemui seusai melakukan dialog dengan warga terdampak pencemaran minyak di Kantor Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Emil mengatakan tenaga ahli dari Amerika Serikat tersebut pernah menangani masalah kebocoran minyak di Teluk Meksiko.

Rabu siang, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengunjungi wilayah perairan utara Karawang yang terkontaminasi. Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini tiba di bibir pantai yang tercemar minyak atau di depan Kantor Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, sekitar pukul 12.20 WIB.

Baca juga: Sehari seribu karung limbah minyak terkumpul di Pantai Cemarajaya

Di bibir pantai Gubernur Emil didampingi Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, diberikan penjelasan tentang peristiwa pantai yang terkontaminasi dari seorang petugas.

Selain itu, Gubernur Emil berbincang dengan petugas yang membersihkan tumpahan minyak di bibir pantai.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019