Meulaboh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Kesehatan kini mulai menyiapkan makanan tambahan yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang bermukim di sekitar wilayah sebaran kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.

"Makanan tambahan yang kita siapkan ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat dari pengaruh negatif kabut asap," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah kepada ANTARA, Rabu sore di Meulaboh.

Menurutnya, makanan tambahan yang memiliki gizi seimbang empat sehat lima sempurna itu akan dibagikan di titik tertentu seperti di Kecamatan Bubon, Samatiga dan daerah lainnya yang berdampak langsung terhadap kesehatan warga.

Pembagian ini nantinya akan melibatkan petugas medis dan pihak terkait, dengan menyasar kalangan anak-anak, ibu hamil, warga paruh baya serta masyarakat lainnya yang rentan terhadap pengaruh asap.

Selain itu, pihaknya juga membagikan ribuan masker sehingga ketika terjadinya sebaran kabut asap pada pagi atau malam hari, masyarakat diharapkan dapat terhindar dari gangguan kesehatan.

"Selain membagi masker, petugas kesehatan juga melakukan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara menghadapi sebaran kabut asap dan dianjurkan minum air putih sebanyak-banyaknya, dan mengkonsumsi buah-buahan segar dan makanan yang sehat," katanya menambahkan.

Pihaknya juga terus melakukan pemantauan ke sejumlah kecamatan dengan mengintruksikan petugas medis agar melakukan penanganan serius apabila ada warga yang mengalami gangguan kesehatan akibat sebaran kabut asap terkait kebakaran hutan dan lahan di Aceh Barat.
Baca juga: Karhutla muncul di pinggiran Kota Pekanbaru mengganggu pandangan
Baca juga: Lima daerah di Riau diselimuti asap karhutla
Baca juga: Jarak pandang di Palangka Raya terbatas karena kabut asap

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019