Palu (ANTARA) -
Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah dan Konsulat Republik Indonesia di Songkhla, Thailand menggagas kerja sama Internasional di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
 
Rektor UIN Datokarama Palu, Prof Lukman S Thahir dalam keterangan tertulisnya diterima di Palu, Selasa, mengatakan bahwa kampus dipimpinnya berkepentingan membangun kerja sama dengan Konsulat RI di Thailand sebagai bentuk upaya meningkatkan peran Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTKIN) di level Internasional.
 
"Hal ini juga didasarkan atas kemauan Konsulat RI di Songhkla Thailand yang meminta perguruan tinggi di Indonesia untuk melakukan penelitian berkaitan dengan kemajuan-kemajuan di bidang ekonomi di negara tersebut," ujarnya.
 
Pembahasan kerja sama dua pihak tersebut mengemuka dalam pertemuan antara Deputi Bidang Pendidikan Konsulat Jenderal RI Muhammad Rizki dengan Rektor UIN Datokarama Prof Lukman S Thahir, yang didampingi Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Datokarama Doktor Sahran Raden, dan Doktor Abdul Gafur Marzuki selaku Kepala Pusat Hubungan Internasional LPPM UIN Datokarama Palu pada Senin (23/9). Di Thailand Selatan.
 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta LPPM dapat menjadi mitra strategis dalam melakukan penelitian dan riset serta pengabdian masyarakat Internasional.
 
"Peran UIN Datokarama Palu dalam kompetisi global melalui penelitian, dan pengabdian masyarakat menjadi sangat penting dalam mewujudkan keunggulan kampus ini," ucapnya.
 
Ia mengemukakan dukungan dari Konsulat RI di Thailand, merupakan peluang bagi UIN Datokarama dalam memanfaatkan kesempatan, sehingga diharapkan dapat melakukan temuan-temuan baru di bidang ilmu pengetahuan dan inovasi yang dapat meningkatkan kemajuan masyarakat.
 
"Sehingga temuan-temuan baru yang diperoleh dari negara-negara tempat riset dan pengabdian masyarakat dapat dijadikan kontribusi bagi pembangunan daerah di Sulawesi Tengah," tutur Lukman.
 
Sementara Deputi Bidang Pendidikan Konsulat Jenderal RI Songhkla Thailand Muhammad Rizki memaparkan, terdapat 14 wilayah Konsulat RI di Thailand Selatan yang dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi di Indonesia untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Internasional.
 
Konsulat RI akan membantu dan memfasilitasi kebutuhan informasi mengenai upaya penelitian, riset dan pengabdian masyarakat, berkolaborasi dengan perguruan tinggi di negara tersebut.
 
Saat ini salah satu isu strategis di Songkhla dan sekitarnya adalah kemajuan UMKM yang difasilitasi oleh pemerintah setempat.
 
"Hal ini perlu dibuatkan riset, apa faktor-faktor yang menyebabkan UMKM di Thailand maju. Selain itu dunia pariwisata yang maju di Thailand dapat dilakukan penelitian oleh UIN Datokarama Palu, sebab pariwisata Thailand menjadi salah satu ikon sumber pendapatan negara yang paling besar," kata dia.

 

 

Pewarta : Mohamad Ridwan
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024