Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah menyampaikan segera melakukan perakitan 972 kotak suara untuk keperluan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di daerah itu.
 
Adapun jumlah kotak suara yang diterima KPU Sigi sebanyak 972 buah sehingga setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdiri dari dua kotak suara dan 4-5 bilik pemungutan suara dengan masing-masing TPS berjumlah 600 orang.
 
Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman di Maku, Senin, menuturkan perakitan kotak suara mulai dilakukan tanggal 9 Oktober 2024 di gudang logistik KPU Sigi, Desa Potoya, Kecamatan Dolo.
 
"Sesuai ketentuan perakitan kotak suara selama tiga hari yaitu mulai tanggal 9-11 Oktober mendatang," kata Soleman.
 
Ia mengemukakan saat ini logistik tahap dua sedang dilakukan proses pencetakan yaitu surat suara dan alat bantu tunanetra.
 
"Untuk logistik tahap dua dari tujuh item baru terdapat dua yang sedang dicetak yaitu surat suara dan alat bantu tunanetra yang proses pencetakannya mulai tanggal 8 Oktober di perusahaan penyedia di Jakarta," ucapnya.
 
KPU Sigi, kata dia, surat suara yang dicetak itu sudah termasuk cadangan sebanyak 2,5 persen dan 2.000 surat suara yang digunakan saat terjadi pemungutan suara ulang (PSU) di daerah itu.
 
"Jadi surat suara yang dicetak itu sudah termasuk 2,5 persen cadangan dan ditambah 2.000 surat suara untuk persiapan pemungutan suara ulang (PSU) jika terdapat wilayah di Kabupaten Sigi yang perlu dilakukan pemungutan suara ulang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024," sebutnya.
 
Sementara untuk alat bantu tunanetra akan dilakukan proses pencetakan mulai tanggal 17 sampai 31 Oktober dan untuk pengiriman surat suara pada tanggal 15 Oktober dan tiba di gudang KPU Sigi tanggal 18 Oktober mendatang.
 
"Proses pengiriman alat bantu tunanetra dan distribusi sampai ke gudang KPU Sigi pada tanggal 2-4 November," ujarnya.
 
Diketahui logistik tahap satu terdiri kotak suara, bilik suara pemungutan, segel, segel plastik/Kabel Ties dan tinta sudah berada di gudang KPU Kabupaten Sigi. Sementara logistik untuk tahap dua terdapat tujuh item yaitu Formulir A4, Formulir Plano, Sampul Kertas Biasa, Sampul Kertas Kubus, Sampul Kertas Biasa Model C. KWK, DPC Ukuran 1 Plano serta DPC Ukuran 1/2 Plano.
 
Sebelumnya KPU Kabupaten Sigi sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 sebanyak 193.502 pemilih dengan jumlah TPS sebanyak 471.
 
Total DPT di Kabupaten Sigi sebanyak 193.502 pemilih, dengan rincian 98.078 pemilih laki-laki dan 95.424 pemilih perempuan.
 
Jumlah pemilih aktif sebanyak 193.502 dengan pemilih baru berjumlah 697 orang. 

Pewarta : Moh Salam
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024