Donggala (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) mengajak para pemuda di daerah itu untuk dapat berperan aktif dalam menjaga demokrasi.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Donggala Dudi Utomo di Banawa, Senin, mengatakan para pemuda harus bisa memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya sebagai momentum mengenang perjuangan pemuda Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Pemuda saat ini penting meneladani semangat itu dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara utamanya menjaga demokrasi di Indonesia," katanya.

Ia menuturkan bahwa pemuda memiliki peran strategis khususnya pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Donggala.

"Harapannya melalui Sumpah Pemuda ini sebagai pemicu semangat generasi muda dalam menjaga nilai-nilai demokrasi dan mendukung pelaksanaan pilkada yang berintegritas dan demokratis di Kabupaten Donggala," ucapnya.

Kata dia, partisipasi aktif pemuda dalam proses demokrasi penting guna mewujudkan masa depan daerah yang lebih baik di masa mendatang.

"Tentunya pemuda di Donggala harus terus menghidupkan nilai-nilai Sumpah Pemuda sebagai landasan dalam setiap langkah dan keputusan mereka," sebutnya.

Menurut dia untuk mengimplementasikan nilai-nilai Sumpah Pemuda dengan tidak mengabaikan nilai kebudayaan di daerah itu.

"Pemuda harus tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan dan tetap menerapkan sikap toleransi dalam beragama di Kabupaten Donggala," ujarnya.

Pewarta : Moh Salam
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024