Amirul Hajj akan pimpin upacara HUT RI di Tanah Suci

id Haji 2019,mch 2019,amirul hajj, hut ri,ucapara kemerdekaan,jamaah haji indonesia

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin dikerumuni jamaah saat meninjau Terminal Syeib Amir, Jumat (Hanni Sofia)

Mekkah (ANTARA) - Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Tanah Suci.

Amirul Hajj yang juga Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin di Terminal Syeib Amir, Kota Mekkah, Jumat mengatakan rencananya akan digelar upacara peringatan HUT ke-74 RI di Konsulat Jenderal RI di Jeddah.

“Saya sendiri akan menjadi inspektur upacara di Konjen di Jeddah mulai pukul 06.00 pagi,” katanya.

Ia mengatakan, meskipun sedang berada jauh dari Tanah Air, namun menurut dia, penting untuk tetap merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus.

Terlebih tahun ini merupakan HUT yang ke-74 RI dimana Indonesia sudah berhasil melewati tahun pemilu dengan aman dan damai.

“Jadi insya Allah, mudah-mudahan meskipun kita ada di Tanah Suci jauh dari Tanah Air kita tetap mengenang memperingati 17 Agustus sebagai HUT RI, untuk tahun ini kita rayakan ke-74 tahun,” katanya.

Di Kota Mekkah sendiri setiap sektor di pondokan jamaah menggelar beragam acara peringatan 17 Agustus.

Mereka berlomba menawarkan kemeriahan dan seakan tak ingin kalah dari perayaan serupa di Tanah Air.

Di sektor 10-11 di wilayah Jarwal yang dihuni jamaah dari Jawa Tengah misalnya, akan digelar acara bertajuk Gebyar Pitulasan HUT ke-74 RI yang terdiri dari upacara bendera, lomba antarjamaah, kloter, sektor, pegawai hotel, dan antarmaktab, serta acara doa dan ziarah kebangsaan.

Beberapa lomba yang digelar, di antaranya lomba makan kerupuk, menggigit sendok, balap karung, balap balon, dan piring tepung.

Pewarta : Hanni Sofia
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar