Dekranasda: Ibu Negara ingin kunjungi perajin kain di Palembang

id kain, jumputan

Kerajinan Sumsel (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Ketua Dekranasda Sumatera Selatan Feby Deru mengungkapkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkeinginan mengunjungi perajin kain di Palembang untuk melihat secara langsung proses pembuatan produk unggulan daerah tersebut.

"Rencana ibu Negara berkunjung ke Sumsel itu disampaikan saat berkunjung ke stan Sumsel di Kriya Nusa 2019 di Jakarta," kata Feby Deru dalam keterangan tertulisnya di Palembang, Jumat.

Feby usai mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas di Jakarta bersama Wakil Ketua Dekranasda Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya, menghadiri pembukaan Pameran Kriyanusa 2019 di Kartika Expo Center-Balai Kartini.

Baca juga: Ibu Negara hadiri pembukaan Pameran Kriya Nusa 2019

Baca juga: Kain jumputan khas Palembang akan pecahkan rekor Muri


Usai membuka pameran, Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Ketum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla mengunjungi ratusan stan yang ada termasuk galeri Sumsel.

Saat melihat pameran tersebut, Ibu Negara menyatakan akan berkunjung ke Sumsel untuk menemui perajin kain di Palembang.

Sumsel dalam pameran itu menampilkan antara lain kain songket, jumputan dan aneka batik serta kerajinan lainnya dari Bumi Sriwijaya itu.

Dalam kesempatan meninjau stan tersebut, Ibu Negara mengungkapkan rencana berkunjung ke Palembang untuk melihat langsung aktivitas perajin kain tradisonal.

Memang, lanjut dia, rombongan Ibu Negara mampir lumayan lama, semua stan Sumsel dikunjungi satu-satu. Melihat songket, jumputan dan limar juga.

Baca juga: Kain "ecoprint" asal Palembang tembus pasar Amerika Serikat

Jadi setelah melihat kain itu ibu negara menyatakan ingin melihat langsung pengrajin kain di Palembang, dalam dekat ini.

Pihaknya merasa senang karena pusat kerajinan di Sumsel cukup banyak yang salah satunya di Tuan Kentang Kertapati Palembang.

Melalui pameran ini, dia berharap kain-kain dan aneka kerajinan tradisional Sumsel seperti Songket, Jumputan dan Limar, batik Penungkal Abab Lematang Ilir, batik Lubuklinggau dan batik lainnya di Sumsel semakin mendapat tempat di hati masyarakat Sumsel dan pecinta kain tradisional di Indonesia.

Sebagaimana untuk mengenalkan kain-kain dan kerajinan yang menjadi ikon di Sumsel, pada Kriya Nusa 2019 Dekranasda Sumsel membawa 7 stan dari kabupetan dan kota di Sumsel. Stan tersebut yakni Kabupaten Penungkal Abab Lematang Ilir, Musi Banyuasin, Palembang, Muara Enim, Pagaralam, Musi Rawas dan Banyusin.

Baca juga: Kain jumputan Palembang dipamerkan di "Indonesian Fashion Week"

Tajung, Kain Khas Palembang Selain Songket



 

Pewarta : Ujang Idrus
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar