Hujan turun di kawasan karhutla Kawah Putih Bandung

id Karhutla, kabupaten bandung, bnpb, helikopter bom air, hujan,Kawah putih

Relawan memadamkan titik api yang membakar hutan tropis kawasan Taman Wisata Alam Kawah Putih Gunung Patuha, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan luas kebakaran lahan di Kabupaten Bandung mencapai 241 hektar yang tersebar di beberapa titik antara lain Gunung Malabar, Gunung Patuha, Gunung Hawu dan kawasan Taman Wisata Alam Kawah Putih. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/ama.

Bandung (ANTARA) - Hujan mulai turun sekitar pukul 15.30 WIB di kawasan objek wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung, yang mengalami kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sejak Senin (7/10).

Sekretaris Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kabupaten Bandung, Sudrajat, Rabu, membenarkan hujan tersebut turun dengan intensitas yang sedang.

"Alhamdulillah, di Kawah Putih sudah mulai turun hujan," kata Sudrajat di Bandung.

Meski dengan intensitasi yang tidak tinggi, ia berharap hujan dapat membantu proses pemadaman dan pendinginan karhutla yang terjadi.

Baca juga: Api di Kawah Putih mulai padam, namun menjalar ke Pasirjambu

Baca juga: Helikopter bom air BNPB dikerahkan atasi karhutla di Kawah Putih


Karena diketahui masih ada beberapa titik api yang belum padam di kawasan Gunung Patuha (Kawah Putih) maupun di Kecamatan Pasirjambu.

"Semoga hujan ini dapat membantu proses pemadaman," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan helikopter bom air dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dikerahkan untuk mengatasi karhutla sudah mendarat di Bandara Husein Sastra Negara, Kota Bandung.

"Heli bom air MI-171 telah mendarat di Bandara Husein," kata dia.

Helikopter tersebut rencananya akan dikerahkan menuju titik api di Kabupaten Bandung pada esok hari, Kamis (10/10). Selain Kawah Putih, helikopter tersebut akan berupaya melakukan pemadaman pada kawasan karhutla Kabupaten Bandung lainnya yakni Gunung Malabar.

"Mudah-mudahan besok mulai operasi pemadaman dan penyiraman ke titik api kebakaran hutan di Kawah Putih dan Gunung Malabar serta Gunung Puntang," kata dia.*

Baca juga: Kebakaran lahan di Kawah Putih Ciwidey capai 15 hektare

Baca juga: Prakiraan BPBD luas lahan terbakar Kawah Putih Ciwidey 20 hektare

Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar