Tangerang (ANTARA) -
Pemerintah Kota Tangerang telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana untuk membantu mobilisasi warga di lokasi terdampak bencana, mulai dari perahu hingga jembatan apung sebagai upaya untuk memudahkan warga menyeberang.

"BPBD Kota Tangerang menyiagakan sebanyak delapan perahu untuk keperluan evakuasi. Selain itu juga ada jembatan apung yang disiapkan untuk warga yang akan menyeberang," kata Wakil Wali Kota Tangerang, Banten, Sachrudin saat meninjau lokasi perumahan Garden City Residence, Kelurahan Gebang Raya, Periuk, Minggu (2/2).

Dalam pantauannya ke lokasi bersama sejumlah aparat di kawasan perumahan tersebut tergenang banjir dengan rata - rata ketinggian air mencapai 150 centimeter.

Baca juga: Mayoritas warga terdampak banjir Tangerang alami gatal dan batuk

"Kita cek kondisi di lapangan dan memang air masih cukup tinggi ditambah masih tingginya intensitas hujan," ungkap Sachrudin

Ia meminta agar petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang selalu siap siaga dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir akibat luapan Kali Angke yang berada tak jauh dari wilayah tersebut.

"Imbau masyarakat agar mau dievakuasi ke tempat yang lebih aman supaya tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan," tegasnya.

Baca juga: Wilayah Periuk Tangerang masih dilanda banjir sejak kemarin

Sebelumnya, pada hari Sabtu (1/2/2020) banjir melanda empat kecamatan di Kota Tangerang dengan titik banjir ada 27 lokasi.

Banjir tak hanya merendam pemukiman warga, tetapi juga memutus akses lalu lintas warga karena beberapa jalan terendam banjir dan tak bisa dilalui kendaraan.

Dinas PUPR pun mengerahkan 255 petugas dan mengoptimalkan 30 pompa penyedot air dalam membantu percepatan pengeringan di lokasi banjir.

Namun, hingga Minggu pagi, banjir masih melanda sejumlah wilayah khususnya di Kecamatan Periuk. Sedang di beberapa lokasi lainnya sudah surut.

Baca juga: Ratusan nasi bungkus dikirim untuk korban banjir Periuk Tangerang
Baca juga: PUPR Tangerang kerahkan 255 petugas atasi banjir di 27 lokasi
Baca juga: BPBD Kota Tangerang evakuasi warga terdampak banjir di Periuk

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020