Donor darah Pemprov Aceh kumpulkan 480 kantong darah

id donor darah,aceh,pemprov aceh

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto

Aceh Besar (ANTARA) - Kegiatan donor darah aparatur sipil negara (ASN) dan non-ASN Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh berhasil mengumpulkan sebanyak 480 kantong darah.

“PMI menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan luar biasa kepada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang telah menginstruksikan ASN dan non-ASN di lingkungan Pemprov Aceh untuk mendonorkan darahnya di PMI,” kata Ketua PMI Banda Aceh Qamaruzzaman Haqni di Banda Aceh, Jumat (5/6).

Ia menjelaskan kegiatan donor darah bersama seluruh pegawai Pemprov Aceh itu baru pertama kali dilakukan atas instruksi langsung Plt Gubernur kepada seluruh SKPA, dan didata secara faktual menurut jenjang eselon dan staf serta tenaga kontrak.

Baca juga: Pasokan darah PMI setelah Lebaran mulai penuhi kebutuhan masyarakat

Menurut dia, Nova Iriansyah dan Sekda Aceh Taqwallah adalah pendonor rutin. Sekda bahkan mendapatkan penghargaan PMI karena rutin mendonorkan darahnya dan tercatat sebanyak 25 kali.

"Ini program kerja nyata membantu pasien yang membutuhkan darah dalam upaya menyambung nyawa,” katanya.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto mengatakan kegiatan tersebut akan terus berlanjut dan jumlah yang terkumpulkan diharapkan terus bertambah.

Menurut dia, jumlah kantong darah tersebut akan bertambah lebih banyak, karena kegiatan donor darah itu telah terjadwal hingga 16 Juni 2020.

Baca juga: PMI ajak masyarakat tidak takut donor darah saat pandemi COVID-19

Pada Senin (8/6) aksi donor darah akan berlangsung di Dinas Pendidikan dan Dinas Arsip dan Perpustakaan, Selasa (9/6) donor darah akan berlangsung di Bappeda Aceh, Katibul Wali/Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe Aceh dan Dinas Pendidikan Dayah.

Selanjutnya pada hari Rabu (10/6) akan berlangsung di Dinas Pekerjaan Umum dan Pengairan serta Rumah Sakit Ibu Anak, Kamis (11/6) akan berlangsung di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Aceh, Jumat (12/6) di Dinas Perhubungan Aceh dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

Kemudian pada hari Senin (15/6) donor darah akan berlangsung di Dinas Pangan dan Sekretariat Badan Reintegrasi Aceh dan Selasa (16/6) akan berlangsung di Rumah Sakit Jiwa Aceh dan Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Aceh.

Baca juga: BPIP wujudkan Pancasila melalui donor darah

"Pagi ini donor darah di kantor Satpol PP-WH Aceh dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh. Malamnya  di Dekmi Kupi Rukoh. Jadi masyarakat umum juga bisa membantu PMI mendonorkan darah, bisa langsung ke Dekmi Kupi setelah Magrib," kata Iswanto.

Pewarta : M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar