Surabaya (ANTARA) - Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof Mohammad Nasih mengatakan peserta dengan pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dapat mengikuti seleksi pendaftaran melalui jalur Mandiri tahun 2021.

"Unair membuka kesempatan seluas-luasnya untuk para calon mahasiswa yang memiliki kendala finansial," ujarnya di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, finansial tidak boleh menjadi hambatan seseorang untuk bisa menempuh pendidikan di Unair, sehingga pihaknya berkomitmen memfasilitasi mahasiswa yang memiliki potensi di bidang akademik, namun terkendala ekonomi.

Baca juga: Rektor Unair: Hasil uji spesimen Bangkalan ada kemiripan dengan Kudus

Baca juga: Vaksin Merah Putih Unair masuki uji praklinik gunakan hewan makaka


Sementara itu, terkait pendaftaran mahasiswa jalur Mandiri, Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr. Achmad Solihin mengungkapkan pendaftaran masih dibuka hingga 20 Juni 2021.

"Kami masih memberi kesempatan kepada siswa-siswi yang kemarin belum beruntung di SNMPTN atau SBMPTN, bisa mendaftar pada jalur Mandiri," ucap dia.

Pembukaan pendaftaran untuk peserta KIP-Kuliah jalur Mandiri ini karena kuota KIP-Kuliah pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) belum terpenuhi.

Jalur Mandiri 2021 Unair dibuka untuk semua program studi (prodi) S1 yang berjumlah 44 prodi. Pada jalur Mandiri ini, peserta dengan KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran.

Namun, peserta KIP-Kuliah yang telah melakukan pendaftaran dan telah melakukan pembayaran, biaya tidak dapat ditarik kembali.

Jika lolos penerimaan mahasiswa baru, lanjut dia, seleksi pembiayaan kuliah peserta dengan KIP-K akan dilakukan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik).

Mahasiswa yang telah mendaftar jalur Mandiri dijadwalkan untuk mengikuti tes tulis pada 26 hingga 29 Juni 2021 di Surabaya.

Materi yang akan diujikan, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Solihin mengimbau kepada seluruh peserta yang belum melakukan pendaftaran, segera mendaftar melalui laman https://pendaftaran.unair.ac.id/.

Baca juga: Unair buka lagi jalur mandiri

Baca juga: Unair sediakan 5.485 kuota untuk mahasiswa baru


"Secepatnya segera melakukan proses pendaftaran, karena akan ditutup pada 20 Juni pukul 23.59 WIB. Segerakan. Jangan mendaftar di akhir waktu, misal terjadi kepadatan jaringan atau kurang berkas nanti tidak ada kesempatan untuk memperbaiki," tutur Solihin.

Segala informasi seputar penerimaan mahasiswa baru dapat dilihat melalui laman PPMB UNAIR http://www.ppmb.unair.ac.id/.

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021