Warga sembuh COVID di Aceh bertambah 267 orang, terbanyak Banda Aceh

id Aceh,COVID-19,Berita Aceh,Pasien Sembuh COVID-19,Banda Aceh,vaksinasi

Warga sembuh COVID di Aceh bertambah 267 orang, terbanyak Banda Aceh

Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar (kedua kiri) berdialog dengan seorang pelajar SMU 7 Banda Aceh saat vaksinasi COVID-19 di Desa Kajhu, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Senin (20/9/2021). ANTARA/Ampelsa/aww.

Banda Aceh (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh, Senin, menyebutkan penambahan 267 warga provinsi setempat yang sembuh dari infeksi virus corona dan penambahan paling banyak warga asal Kota Banda Aceh.

"Penderita COVID-19 yang sembuh bertambah lagi, kali ini paling banyak warga Banda Aceh yakni 99 orang. Kondisi pandemi di Aceh terus membaik, kasus baru makin turun dan pasien yang sembuh terus bertambah,” kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Senin.

Dia menjelaskan selain warga Banda Aceh, pasien sembuh juga terdeteksi di Aceh Besar 77 orang, Aceh Singkil 27 orang, Aceh Barat Daya 14 orang, Pidie sembilan orang, Simeulue delapan orang, Gayo Lues tujuh orang.

"Kemudian warga Pidie Jaya, Sabang, Lhokseumawe masing-masing enam orang, Langsa empat orang, Aceh Jaya tiga orang dan warga Bireuen satu orang," kata Saifullah.

Baca juga: Presiden ingatkan Forkopimda Aceh pentingnya pengendalian COVID-19
Baca juga: Banda Aceh satu-satunya zona merah COVID-19 di Aceh


Kendati pasien sembuh terus bertambah, Jubir yang akrab disapa SAG itu meminta warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M).

Hal tersebut perlu diperhatikan mengingat penularan virus masih terus terjadi di tengah masyarakat. Apalagi Banda Aceh masih zona merah dan Aceh Tenggara, Aceh Utara, Pidie Jaya, Aceh Jaya, dan Simeulue zona kuning serta Aceh Besar dan 16 kabupaten/kota lain masih zona oranye atau risiko sedang.

"Zona yang dianggap aman dari risiko transmisi virus dan peningkatan kasus COVID-19 adalah zona hijau,” kata Saifullah.

“Partisipasi masyarakat sangat menentukan dalam menjalankan protokol kesehatan, mendukung testing, penelusuran kontak erat kasus COVID-19, dan peningkatan cakupan vaksinasi di setiap kabupaten/kota di Aceh,” ujar Saifullah lagi.

Baca juga: Presiden: Vaksinasi pintu ke pintu bagian percepatan vaksinasi di Aceh
Baca juga: Aceh laporkan 135 kasus baru positif COVID-19, terbanyak Banda Aceh


Ia menjelaskan, penambahan kasus positif baru per hari ini sebanyak 64 orang yakni warga Banda Aceh 28 orang, Aceh Besar sembilan orang, Pidie dan Pidie Jaya masing-masing empat orang dan beberapa orang lainnya tersebar di beberapa kabupaten/kota.

Sedangkan pasien meninggal dunia dalam laporan per hari ini juga bertambah 23 orang, meliputi warga Banda Aceh tujuh orang, Aceh Besar dan Pidie Jaya empat orang, Aceh Selatan dua orang, serta Aceh Barat, Aceh Utara, Bireuen, Nagan Raya, Bener Meriah dan Langsa masing-masing satu orang.

"Hingga kini secara akumulatif kasus COVID-19 di Aceh telah mencapai 36.954 orang, di antaranya pasien yang sedang dirawat 4.604 orang, pasien yang telah sembuh sebanyak 30.535 orang, dan kasus meninggal dunia sudah mencapai 1.815 orang," tambahnya.

Baca juga: 1.819 dosis vaksin tak terpakai di Aceh Tenggara
Baca juga: Sembuh dari COVID-19, Wali Kota Banda Aceh kembali beraktivitas

 

Pewarta : Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar