Padang (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap kemandirian pangan nasional bisa segera tercapai melalui serangkaian program yang dilaksanakan pemerintah dan didukung oleh semua pihak.

"Pemerintah telah menetapkan rencana aksi, rencana aksi Bukittingi yang akan dilaksanakan mulai tahun ini juga, ini program akselerasi selain yang sudah kita jalankan selain program lain yang ada," kata Presiden saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Pangan se-Dunia di Padang, Kamis.

Kepala Negara mengatakan kemandirian bisa dicapai dengan kerja sama semua pihak tak hanya pemerintah pusat namun juga pemerintah daerah, kalangan dunia usaha, dan lembaga negara nonkementerian.

"Kita optimistis di tahun mendatang Indonesia semakin mandiri karena ke depan permintaan pangan meningkat bukan hanya pertambahan penduduk yang menuju 250 juta, juga masyarakat menengah dari 50 juta menjadi 130 juta pada 2030 mendatang," kata Presiden.

Peringatan Hari Pangan se-Dunia dihadiri oleh kepala perwakilan organisasi pangan dunia untuk Indonesia Dr.Mustafa Amir, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mentan Suswono, Ketua DPD RI Irman Gusman dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Dalam peringatan itu juga diserahkan sejumlah penghargaan antara lain kepada masyarakat dan pejabat yang dinilai memberikan kontribusi atas peningkatan ketahanan pangan dan juga penghargaan pada pemenang lomba makanan olahan alternatif antar-kelompok penggerak PKK.

Usai acara Presiden dijadwalkan bertolak menuju Jakarta pada pukul 13.00 WIB dan tiba di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 14.45 WIB.


Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013