Tentunya dengan menjadi Ketua Komisi IV, kemandiran pangan yang diharapkan bisa terwujud.
Jakarta (ANTARA News) - Rapat Komisi IV DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto, memutuskan Ketua Komisi IV dijabat oleh Edhy Prabowo.

Sedangkan wakilnya adalah Titik Suharto (Golkar), Herman Khaeron (Demokrat) dan Viva Yoga Mauladi (PAN). (Baca juga: Titiek Soeharto ingin masuk Komisi IV DPR).

Menanggapi putusan rapat Komisi IV itu, Edhy Prabowo mengaku, dirinya ditunjuk langsung oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto untuk menjadi Ketua Komisi IV DPR RI,

"Alhamdulillah, saya dipercaya dan ditunjuk langsung untuk ketuai Komisi IV DPR RI," katanya, di Jakarta, Rabu.

Ia menyebutkan, ditunjuk sebagai Ketua Komisi IV DPR RI merupakan bentuk keinginan mewujudkan kemandirian pangan. (Baca juga: Menteri Pertanian baru ingin wujudkan kedaulatan pangan).

"Tentunya dengan menjadi Ketua Komisi IV, kemandiran pangan yang diharapkan bisa terwujud. Pangan kita harus utuh, bisa dioptimalkan sehingga seluruh rakyat Indonesia bisa menikmatinya. Jangan sampai dinikmati oleh asing," jelas dia.

Ia menambahkan, Komisi IV akan jadi benteng untuk kedaulatan rakyat dalam pangan, kelautan dan kehutanan.

Untuk agenda Komisi IV DPR RI, Edhy menyebutkan, pertama-tama yang akan dilakukan adalah mendalami mendalami pekerjaan rumah yang masih tersisi di Komisi IV agar bisa diselesaikan dengan cepat.

"Kita akan panggil panggil pakar, mitra kerja, stakeholder guna membahas apa yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat," kata dia.

Komisi IV DPR RI akan bermitra dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Apakah mitra Komisi IV di Kementerian Kehutanan saja atau bagaimana. Nanti akan disesuaikan," kata anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo. (*)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014