Surabaya (ANTARA News) - Brigjen Pol M. Iqbal dilantik menjadi Wakapolda Jawa Timur di Surabaya, Selasa menggantikan posisi dari Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo yang menjabat sebagai Kapolda Riau.

M. Iqbal usai dilantik mengatakan siap membantu Kapolda Jatim untuk menghadapi tantangan keamanan di wilayah itu terutama dalam pengamanan dan pengawalan proses pemilihan umum, baik pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif.

"Saya akan mendukung pak Kapolda, `memanage`, mengkoordinatori staf dan semua tim untuk mendukung bapak Kapolda. Tentunya, agar Jawa Timur aman dan kondusif," kata mantan Karo Penmas Mabes Polri itu.

Mantan Kapolrestabes Surabaya itu menjelaskan tugas utama yang akan dijalankannya adalah membantu kinerja Kapolda Jatim untuk melaksanakan tugas-tugas kepolisian.

"Baik secara internal, administrasi. maupun eksternal, melakukan harkamtibmas, melindungi dan mengayomi, dan penegakan hukum," ujarnya.

M. Iqbal sendiri bukan orang baru di Jawa Timur dan Surabaya pada khususnya. Sebelumnya, dia pernah menjabat Kapolres Sidoarjo, dan sebagai Kapolrestabes Surabaya, kemudian menjabat sebagai Karo Penmas Mabes Polri.

"Konco lawas akeh di sini (teman lama banyak, red), nostalgia. Baru saja kurang lebih sembilan bulan saya kembali ke sini," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan dan Willy Irawan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018