Perjuangan camat Lepar Pongok sosialisasikan pemilu di pulau terpencil

id pemilu 2019,pulau terluar,daerah terpencil

Laut yang perlu dilewati Camat Lepar Pongok, Dodi Kusumah, untuk menyosialisasikan Pemilu 2019.

Lepar Pongok (ANTARA) - Perjuangan Camat Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dodi Kusumah (34), untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 dapat dijadikan contoh. Beliau harus menyeberangi laut dan melewati cuaca buruk untuk menyosialisasikan pesta demokrasi kepada warganya di pulau-pulau kecil yang belum tersentuh akses informasi teknologi.

Menjelang Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif pada 17 April 2019, ia memilih mendatangi dan mengedukasi pelaksanaan pemilu kepada warga di pulau-pulau dengan harapan mereka
datang ke tempat pemilihan suara pada pesta demokrasi tahun ini.

Pria alumni IPDN 1998 di Jati Nangor Jawa Barat itu rela menyeberangi laut dan  sungai menggunakan perahu, keluar masuk hutan serta perkebunan untuk menyampaikan pesta demokrasi kepada warganya dari pulau ke pulau.

"Kami selaku aparat pemerintah terus berusaha demi kemajuan negara ini dalam berbagai hal termasuk Pemilu 2019," kata Dodi Kusumah yang mempunyai satu istri dan dua anak, saat sosialisasi di Desa Tanjung Labu, Kamis.

Ia mengatakan kendala yang sering dialami adalah cuaca buruk seperti gelombang tinggi, hujan, dan angin kencang. Hal itu merupakan salah satu persoalan yang kerap membuat dirinya merasa takut, namun tidak menjadi persoalan karena tugas yang diemban selaku aparatur sipil negara.

Tidak hanya itu, warga kepulauan yang notabene berprofesi sebagai nelayan dan petani terkadang sulit ditemui untuk diberikan sosialisasi. Streteginya, tidak jarang dalam acara perkawinan, acara hiburan rakyat, pasar malam digunakan untuk  menyosialisasikan Pemilu 2019.

"Kami terus berusaha, apakah itu melalui acara perkawinan salah satu warga dan sebagainya. Jangan sampai mereka tidak ke TPS karena ketidaktahuan pelaksanaan dan cara mencoblos surat suara," kayanya.

Menurut dia, kegiatan sosialisasi door to door ini tidak hanya untuk meningkatkan kunjungan warga ke TPS, tetapi juga untuk mengetahui secara langsung permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonominya.

Selain itu, kunjungan yang penuh tantangan dan resiko ini juga sebagai ajang silahturahmi, pendekatan, sehingga terjalin hubungan harmonis antara pejabat pemerintahan dengan masyarakat dalam meningkatkan pembangunan sumber daya manusia dan kesejahteraan.

"Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini masyarakat sudah banyak yang tahu jadwal pemilu dan cara memilih calon presiden dan anggota legislatif tahun ini," katanya.

Sediakan "doorprize"

Untuk lebih meningkatkan partisipasi masyarakat mengikuti Pemilu, Pemerintah Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga akan menyediakan berbagai "doorprize" menarik di tempat pemungutan suara (TPS).

"Kita berharap dengan adanya bingkisan hadiah menarik ini dapat meningkatkan animo masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya," kata Dodi Kusumah.

Ia mengatakan jumlah masyarakat Lepar Pongok yang terdaftar sebagai daftar pemilih tetap sebanyak 5.272 orang dengan jumlah TPS 24 tersebar di empat desa yaitu Desa Tanjung Labu, Penutuk, Tanjung Sangkar dan Kumbung.

"Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2017 sudah pernah mengadakan doorprize dan alhamdulillah persentase masyarakat yang hadir di TPS mengalami peningkatan yang cukup signifikan," ujarnya.

Menurut dia pemberian doorprize Pilpres dan Pileg pada 17 April 2019 nanti merupakan salah satu upaya pemerintah kecamatan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat
menggunakan hak pilih memilih calon presiden dan calon anggota perwakilan rakyat pada pesta demokrasi nanti.

"Pada pemilu tahun ini kita menargetkan partisipasi masyarakat sebesar 90 persen atau sama dengan target Pilkada 2017 yang terealisasi dengan baik," katanya.

Ia menambahkan pemberian doorprize berupa bingkisan menarik ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya.

"Nanti masing-masing DPT akan diberikan nomor undian dan setelah kegiatan pencoblosan surat suara selesai maka kupon tersebut diundi untuk mendapatkan doorprize," katanya.

Pewarta : Aprionis
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar