Biak (ANTARA) - Sebanyak 8.000 warga dan pelajar di Kabupaten Biak Numfor, Papua, antusias pada pembukaan berbagai lomba dalam memeriahkan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 sekaligus menanamkan semangat nasionalisme bagi generasi milenial di wilayah itu, Jumat.

"Hari ini ribuan pelajar, ASN, prajurit TNI-Polri serta masyarakat hadir bersama untuk berpartisipasi bersatu memeriahkan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019. Peserta yang hadir sangat ramai dibanding tahun lalu," kata Bupati Herry Ario Naap seusai membuka kegiatan lomba di Kabupaten Biak Numfor, Jumat.

Ia menyatakan untuk menyemarakkan kegiatan berbagai lomba untuk menyambut perayaan 17 Agustus 2019 bukan saja menjadi tugas pemerintah daerah tetapi telah menjadi tanggungjawab bersama masyarakat, institusi TNI-Polri, perusahaan BUMN/BUMD serta kalangan dunia usaha swasta.

Bupati Herry Naap berharap, momentum perayaan 17 Agustus 2019 menjadi momentum suka cita seluruh masyarakat Biak Numfor dalam mensyukuri nikmat dan anugerah hari kemerdekaan yang telah diberikan Tuhan untuk masyarakat, bangsa dan rakyat Indonesia 74 tahun silam.

"Sebagai warga Biak Numfor, kita wajib bersyukur merayakan hari kemerdekaan RI ke-74 dengan penuh suka cita dan mengikuti berbagai kegiatan lomba yang akan dilaksanakan panitia penyelenggara Pemkab Biak Numfor," kata Herry.

Bupati mengajak penjabat daerah, komandan satuan TNI-Polri, pengusaha swasta dan BUMN/BUMD, anak sekolah, pengelola rumah ibadah untuk memasang berbagai hiasan bendera merah putih, umbul-umbul, baliho, lampu hias di halaman perkantoran serta perumahan masyarakat sebagai wujud nyata mensyukuri nikmat Tuhan atas hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-74.

Berbagai lomba digelar panitia pelaksana HUT RI Kabupaten Biak Numfor, diantaranya lomba gerak jalan, karnaval jalan dan kendaraan hias, seminar, lomba pidato bahasa Biak dan Bahasa Inggeris, parade Nusantara.

Hingga, Jumat, berbagai perkantoran pemerintah vertikal dan otonom serta perumahan warga sudah memasang berbagai ornamen bendera merah putih sebagai sikap nasionalisme untuk merayakan hari Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019.*

Baca juga: Sambut Proklamasi, bendera Merah Putih diinstruksikan dipasang di Biak

Pewarta: Muhsidin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019