Palu, Sulteng (ANTARA) - UIN Datokarama Palu sukses menggelar upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia dengan khidmat. Acara yang berlangsung di halaman Kampus I ini dihadiri seluruh sivitas akademika, mulai dari pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, hingga mahasiswa.

Rektor UIN Datokarama Palu, Prof Dr H Lukman S Thahir MAg hadir dengan memakai baju adat bugis Bone, Sulawesi Selatan. Menjadi Pembina Upacara HUT ke-79 RI di halaman Kampus I. Sabtu, 17/08/24.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan pesan Menteri Agama terkait peringatan HUT ke-79 RI. Beliau mengawali sambutannya dengan ungkapan syukur atas segala nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, terutama berkah Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menteri Agama RI mengajak masyarakat Indonesia mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan ini. Ia menegaskan bahwa kemerdekaan adalah amanah yang harus dijaga dan dirawat demi kemajuan bangsa, dan ASN harus hadir dengan penghormatan dan komitmen melanjutkan pembangunan.
  Rektor UIN Datokarama Palu, Prof Dr H Lukman S Thahir MAg hadir dengan memakai baju adat bugis Bone, Sulawesi Selatan. Menjadi Pembina Upacara HUT ke-79 RI di halaman Kampus I. Sabtu, 17/08/24. ANTARA/HO-UIN Datokarama

Menurutnya, peringatan HUT RI yang meriah di seluruh pelosok negeri merupakan simbol penghormatan kepada para pendiri bangsa. Bagi ASN Kementerian Agama, peringatan ini merupakan modmentum untuk menjaga harmoni dan memperkuat integritas. 

Kemerdekaan harus diterapkan dengan memperkuat integritas dan profesionalitas ASN dengan menjadi teladan dalam menjalankan tugas dan memastikan setiap keputusan didasarkan pada nilai-nilai luhur agama dan Pancasila.

Ia juga mengingatkan pentingnya memperluas ruang belajar dan meningkatkan kapasitas ASN agar siap menghadapi berbagai tantangan. 

Selain itu, ditekankan juga pentingnya kerjasama dan kolaborasi antara semua elemen bangsa, karena tidak ada kemajuan tanpa kerjasama. Untuk itu, ASN Kementerian Agama harus mampu menjalin komunikasi yang baik dan berbagi pengetahuan demi mencapai cita-cita nasional.

Prof. Lukman juga menyoroti pentingnya pendidikan berkualitas. Beliau berharap UIN Datokarama Palu dapat terus meningkatkan kualitas lulusannya agar siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Dalam momentum ini, Prof Lukman menyampaikan, mari kita melakukan "jihad" bekerja keras memajukan kampus kita, mengejar beberapa program studi terakreditasi unggul, disamping itu berharap kedepannya proses Akreditasi Perguruan Tinggi, insyaallah juga akan mendapatkan akreditasi unggul.

“Lembaga pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, kita harus ingat fungsi kita adalah bagaimana mahasiswa yang kuliah di kampus ini memiliki kemampuan lulusan yang unggul, serta memiliki kemampuan berkarakter siap kerja, siap melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi”, tegas Prof Lukman.

"Mari kita bekerja keras capai berbagai prestasi yang berkontribusi langsung untuk kampus ini dan masyarakat luas", tutup rektor.

Pada moment ini juga dilaksanakan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana karya Satya bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan UIN Datokarama Palu, dengan masa kerja 10 Tahun, 20 Tahun dan 30 Tahun.

Pewarta : Andriy Karantiti
Editor : Andriy Karantiti
Copyright © ANTARA 2024