Palu (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Bank Indonesia (BI) kolaborasi dalam menyukseskan Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) 2024 di provinsi ini.
 
"Kolaborasi antara Kemenkumham dan BI ini merupakan langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan pariwisata," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar di Palu, Rabu.
 
Ia mengatakan Gernas BBI-BBWI menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mendukung serta memfasilitasi pengembangan ekosistem UMKM dan meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata di Provinsi Sulteng.
 
Ia menyampaikan pihaknya bersama Bank Indonesia telah membahas secara intensif persiapan pelaksanaan Harvesting Gernas BBI-BBWI yang dirangkaikan dengan Festival Danau Poso pada 11-13 Oktober 2024 di Kabupaten Poso.
 
"Penguatan ekosistem UMKM, promosi pariwisata, peningkatan transaksi non-tunai dan sosialisasi Gernas BBI dan BBWI menjadi hasil dalam koordinasi yang kami lakukan," ujarnya.
 
Festival Danau Poso, kata dia, menjadi ajang yang sangat istimewa untuk mempromosikan potensi wisata dan budaya daerah di Sulawesi Tengah.
 
Ia mengatakan puncak acara Gernas BBI-BBWI ini merupakan bentuk komitmen Kanwil Kemenkumham Sulteng sebagai Campaign Manager dalam mendukung pengembangan UMKM dan pariwisata di Sulawesi Tengah.
 
Oleh karena itu, Hermansyah berharap melalui festival ini, produk-produk UMKM lokal dapat semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat luas.
 
Selain itu, ia juga mengharapkan Gernas BBI-BBWI 2024 dapat berjalan lancar, khususnya meningkatkan nilai penjualan produk lokal serta berdampak signifikan dalam sektor pariwisata di Indonesia.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulteng Rony Hartawan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung penuh pelaksanaan Gernas BBI-BBWI di Poso.
 
"Melalui berbagai program dan inisiatif, kami akan mendorong peningkatan transaksi non-tunai, inklusi keuangan, serta pengembangan UMKM di daerah," ujarnya.
 
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Supratman Andi Agtas dijadwalkan akan menghadiri sekaligus membuka secara resmi Festival Danau Poso dan Harvesting Gernas BBI-BBWI yang akan berlangsung di Tentena, Kabupaten Poso.

Pewarta : Nur Amalia Amir
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024