Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Penjabat Bupati Parigi Moutong Sulawesi Tengah Richard Arnaldo mengatakan, keberadaan kampung sadar Keluarga Berencana (KB) penting untuk menjaga kualitas hidup masyarakat.
 
"Kampung sadar KB dibentuk untuk meminimalisasi risiko-risiko sosial yang dapat mempengaruhi kondisi ketahanan keluarga, sekaligus sebagai percontohan untuk diadopsi masyarakat lainnya di daerah ini," kata Richard Arnaldo di Parigi, Senin.
 
Ia menjelaskan, kampung KB juga memberikan dampak positif terhadap sektor lainnya, salah satunya mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) sebagaimana telah ditargetkan Pemkab Parigi Moutong.
 
Oleh sebab itu kehadiran pemerintah sangat penting dalam mewujudkan keharmonisan keluarga untuk kepentingan penguatan sumber daya manusia (SDM) masa depan.
 
"Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung," ujarnya.
 
Kemudian meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan akses masyarakat terhadap informasi dan layanan KB, menekan angka kelahiran meningkatkan kesehatan reproduksi, serta meningkatkan kesejahteraan keluarga sebagaimana Instruksi Presiden (Inpres) Nomor: 3 Tahun 2022, dan menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tahun 2023, perihal optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas.
 
"Program ini juga terintegrasi sejumlah program prioritas pemerintah daerah, salah satunya percepatan mengendalikan stunting atau tengkes," tutur Richard.
 
Mewujudkan kualitas hidup keluarga dibutuhkan peran para pihak dalam memfasilitasi, mendampingi maupun membina masyarakat untuk penyelenggaraan program kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait.
 
Ia menambahkan, kampung KB Parigi Moutong telah dicanangkan di wilayah Kecamatan Moutong pada (15/10), dan program tersebut juga terintegrasi dengan Program Bangga Kencana Keluarga sebagai upaya pengendalian penduduk di desa.
 
"Keberhasilan seluruh program lintas sektor, salah satunya kampung KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia," katanya.

Pewarta : Mohamad Ridwan
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024